Sukses

5 Momen Pembuktian Real Madrid Klub Terhebat Dunia

Real Madrid sudah mengoleksi 11 trofi Liga Champions.

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid kerap dianggap sebagai klub paling sukses di planet ini. Bukan tanpa sebab, gelotoran gelar demi gelar seperti tak pernah absen diraih mereka tiap musimnya.

Faktanya, saat ini Real Madrid memiliki rekor 11 trofi Liga Champions, 32 La Liga, dan 19 Copa del Rey. Mereka juga tak pernah terlewat dalam merekrut pemain-pemain kelas dunia.

Sebut saja pada masa sedekade terakhir ada nama Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale. Sebelumnya, David Beckham, Ronaldo, Zinedine Zidane, dan Iker Casillas pernah hiasi skuat Los Blancos.

Dengan jumlah bakat dan keberhasilan yang dimilikinya, Real Madrid juga punya bukti lain sebagai klub terhebat di dunia. Apa saja itu? Berikut daftarnya dikutip dari Sportskeeda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Barcelona 0-2 Real Madrid

1. Barcelona 0-2 Real Madrid, Semifinal Liga Champions 2002

Pada tahun 2002 lalu, Madrid dan Barca sama-sama bertemu di semifinal Liga Champions. Tentu, yang lolos bisa saja memenangkan turnamen kala itu.

Kemenangan ini sangat mengesankan. Sebab, faktanya itu adalah hampir 19 tahun sejak mereka terakhir kali menang di Camp Nou.

Selain itu, El Real berhasil memukul balik semua tekanan. Mereka malah bisa membuat Barca kala itu bermain bertahan.

3 dari 6 halaman

Real Madrid 4-1 Atletico Madrid

2. Real Madrid 4-1 Atletico Madrid Final Liga Champions 2014

Madrid bertemu dengan rival sekotanya di final Liga Champions 2014 lalu. Ada tekanan untuk raih La Decima sebelum laga, terlebih Atletico Madrid tengah dalam performa on-fire.

Dalam laga itu, Madrid benar-benar memberi segalanya usai Diego Godin menyentak mereka menit ke-37. Gol Sergio Ramos membuka asa lewat gol sundulannya di menit akhir waktu normal.

Madrid kemudian membuat dominasi di babak tambahan. Hingga akhirnya sukses mencapai kemenangan sempurna melalui gol tambahan dari Gareth Bale, Marcelo, dan Cristiano Ronaldo yang membuat malam indah Madrid di Lisbon.

4 dari 6 halaman

Juventus 0-1 Real Madrid

3. Juventus 0-1 Madrid, Final Liga Champions 1998

Pada 1998, Madrid menghadapi para bakat yang terkumpul di Juventus. Awalnya, mereka tak sama sekali diunggulkan, mengingat kecermelangan perjalanan Bianconeri ke final kala itu.

Maklum, Juventus diperkuat sejumlah pemain kelas atas, seperti Alessandro Del Piero, Zinedine Zidane, Edgar Davids dan Filippo Inzaghi. Namun, Los Blancos berhasil memukul balik prediksi dalam laga itu.

Gol semata wayang dari Predrag Mijatovic menit ke-66 membuktikan semuanya. Madrid yang langsung bermain bertahan sukses meraih kemenangan kala itu.

5 dari 6 halaman

Real Madrid 5-0 Barcelona

4. Madrid 5-0 Barcelona, 1995 La Liga

Pada 1995, Barcelona yang dimotori oleh Johan Cruyff terkenal mengerikan. Namun, Madrid sukses buat kejutan dengan menggunduli Barca lima gol tanpa balas.

Dalam tempo 39 menit, hattrick dari Ivan Zammorano memulai penderitaan Barca. Hristo Stoichkov yang diusir keluar oleh wasit membuat Madrid makin berjaya di kuartal pertama.

Pesta gol Madrid dilengkapi oleh dua gol cepat dari Luis Enrique dan Jose Amavisca. Kemenangan ini membuktikan status Madrid yang terhebat bukan hanya dunia, tapi dalam hal El Clasico.

6 dari 6 halaman

Real Madrid 3-0 Valencia

5. Real Madrid 3-0 Valencia, Final Liga Champions 2000

Memenangkan gelar ke delapan di Eropa, dan trofi pertama bagi Vicente del Bosque menjadi salah satu yang tergambar dalam final 2000 lalu. Ya, Madrid berhasil sangat-sangat trengginas kala itu.

Padahal, lawan yang dihadapi cukup berat, yakni Valencia. Mereka sukses mengatasi juara bertahan, Manchester United di perempat final, dan mengandaskan Bayern Muenchen di semifinal.

Namun demikian, Madrid kembali membuktikan kedigdayaannya. Fernando Moriented membuka keunggulan Madrid, lalu dilanjutkan tendangan voli dari legenda Inggris, Steve McManaman. Kemenangan Madrid sendiri dituntaskan oleh Raul yang memperdaya kiper. Ini penampilan sempurna Madrid dan sekali lagi, membuktikan kalau jadi yang terbaik di dunia.

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini