Sukses

Seleksi Timnas U-19 Berakhir, Semua Pemain Luar Negeri Dicoret?

Indra Sjafri mengindikasikan tak ada pemain dari luar negeri yang memenuhi kriterianya masuk Timnas U-19.

Liputan6.com, Jakarta - Waktu untuk para peserta seleksi timnas Indonesia U-19 berakhir pada Senin (10/4/2017). Dalam sesi latihan terakhir itu, mereka menggelar sesi internal game. Sayang, Indra Sjafri tampaknya tak puas dengan penampilan 14 pemain dari luar negeri.

Sejak Kamis (6/4/2017), Indra memberikan kesempatan kepada pemain-pemain luar negeri yang mendapat undangan untuk menjalani seleksi timnas U-19. Dari 17 nama yang diundang, 14 di antaranya hadir di Lapangan Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur.

Sayang, sejak hari pertama Indra sudah mengeluh soal penampilan 14 pemain dari luar negeri. Menurut pelatih asal Sumatera Barat itu, kekuatan fisik mereka sangat jauh di bawah para pemain lokal seleksi timnas U-19. Tampaknya, penilaian Indra masih tak berubah hingga hari terakhir seleksi.

"Alhamdulillah, semakin jelas siapa saja 32 pemain yang harus saya pilih hari ini. Anak-anak dari luar negeri memiliki potensi. Tapi, saya mencari pemain yang bisa memenuhi empat kriteria. Ada yang skill-nya bagus, tapi fisik tidak. Ada juga yang sebaliknya," kata Indra kepada wartawan, Senin (10/4/2017).

Empat kriteria yang wajib dimiliki pemain timnas U-19 adalah aspek skill, kecerdasan, fisik, dan mental. Indra pun menyebut minimal pemain asuhannya harus memenuhi tiga dari empat kriteria tersebut.

"Saya tetap ucapkan terima kasih kepada mereka yang sudah datang jauh-jauh ke sini. Timnas bukan panti sosial, hanya ada pemain terbaik di sini. Orang-orang berprestasi yang berhak ada di timnas," tegas Indra.

Setelah seleksi berakhir, para tim pelatih akan menggelar pertemuan untuk melakukan evaluasi. Jika tidak malam ini, timnas U-19 akan mengumumkan siapa saja 32 pemain yang terpilih untuk menjalani pemusatan latihan (TC) yang lebih intensif pada Selasa (11/4/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.