Sukses

Makna Jersey Anyar Bali United di Liga 1

Bali United tetap menggunakan warna merah, putih, serta hitam untuk jersey mereka di kompetisi Liga 1 2017.

Liputan6.com, Kuta - Bali United resmi memperkenalkan jersey yang bakal mereka gunakan pada kompetisi Liga 1 2017. Untuk urusan warna, klub berjuluk Serdadu Tridatu itu tetap menggunakan warna merah, putih, serta hitam. Ketiga warna tersebut merupakan lambang kesucian yang dibagi menjadi Brahma (Pencipta), Wisnu (Pemelihara) dan Siwa (Pelebur).

Perbedaan jersey Bali United yang sekarang dengan yang dulu terlihat pada bentuk kerah. Di musim lalu, kerah berbentuk V. Sementara untuk musim ini berbentuk lingkaran.

Jersey ini kental dengan kearifan lokal karena dihiasi gambar Barong Ket di bagian depan jersey.‎ Di Bali, lambang Barong Ket dianggap sebagai manifestasi raja hutan. Lambang Barong Ket diwujudkan dalam bentuk hewan singa. Hal itu lantaran singa dianggap memiliki kemampuan untuk menghancurkan kekuatan jahat. Sesuatu yang membuat Barong Ket dianggap sebagai simbol kemenangan dan kebaikan.

CEO Bali United Yabes Tanuri mengatakan, dipilihnya‎ gambar Barong Ket karena mempunyai makna mendalam. Ia berharap kebaikan dan kemenangan selalu menaungi langkah Bali United dalam mengarungi liga.

"Untuk warna kami tetap menggunakan warna dasar merah, putih,, dan hitam yang merupakan simbol suci di Bali. Soal Barong Ket, kami ingin maknanya menular ke tim ini. Saya juga berharap dengan jersey baru diikuti dengan semangat baru," paparnya kepada Liputan6.com di Kuta, Senin (10/4/2017).

Nantinya, warna merah akan menjadi pilihan untuk jersey kandang. Pada jersey itu warna merah dikombinasikan dengan kerah berwarna hitam. Di bagian pinggang terdapat garis vertikal berwarna hitam.

Sementara warna putih dipilih untuk jersey tandang‎. Jersey ini dikombinasikan dengan warna hitam serta garis vertikal warna merah. Sementara warna hitam digunakan untuk jersey alternatif. Pada bagian kerah berwarna hitam dan garis putih vertikal di bagian pinggang.

Untuk penjaga gawang, Bali United tetap menggunakan warna jersey terdahulu, yakni hijau muda dan ungu. Warna ungu dikombinasikan dengan warna putih di bagian kerah dan garis vertikal warna merah di bagian pinggang.‎ Sementara warna hijau muda dikombinasikan dengan kerah warna hitam dan garis vertikal berwarna putih. (Dewi Divianta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.