Sukses

Eks Pelatih Barcelona Siap Latih Timnas Thailand

Eks pelatih Barcelona ingin gantikan Kiatisuk Senamuang yang mundur dari Timnas Thailand.

Liputan6.com, Jakarta Eks pelatih Barcelona, Frank Rijkaard dikabarkan sudah merapat untuk menjadi kandidat pelatih Timnas Thailand. Jabatan ini kosong setelah pelatih sebelumnya, Kiatisuk Senamuang mengundurkan diri dari jabatannya.

Melatih negara Asia bukan sesuatu yang asing buat Rijkaard. Sebelumnya, pelatih yang membawa Barcelona juara Liga Spanyol 2005/06 ini juga latih Arab Saudi pada 2011 sampai 2013.

ESPN mengungkapkan, Rijkaard sudah kirimkan lamaran agar dipertimbangkan menjadi pelatih anyar Timnas Thailand.

"Kami sudah terima CV Frank Rijkaard yang melamar sebagai pelatih timnas Thailand setelah Kiatisuk Senamuang mundur dari jabatannya," kata Sekjen Federasi Sepak Bola Thailand (FAT), Pisan Judilok.

"Presiden FAT Jenderal Polisi Somyot Poompunmuang dan kepala teknik timnas Witthaya Laohakul sedang pikirkan ini dan akan umumkan keputusan nanti."

Rijkaard, 54 tahun, termasuk sosok yang sukses di sepak bola. Sebagai pemain, dia tampil sebanyak 73 kali dengan timnas Belanda selama 13 tahun kariernya.

Dia pernah latih timnas Belanda pada 1998-200 sebelum latih Sparta Rotterdam dan Galatasaray sebelum gabung Barcelona. Kiatisuk Senamuang sendiri mundur menyusul hasil buruk yang didapatkan Thailand bulan lalu.

Thailand secara beruntun kalah telak 0-3 dari Saudi Arabia dan 0-4 dari Jepang. Selain Rijkaard, eks Leicester City Claudio Ranieri, Alejandro Sabella dan Zico juga masuk bursa pelatih anyar Timnas Thailand.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.