Sukses

Rossi Telah Tempuh 37.738 km di Lintasan MotoGP

Rossi menduduki posisi kedua di MotoGP Argentina.

Liputan6.com, Tavullia - Valentino Rossi baru-baru ini resmi menandai penampilan ke-350 di kejuaraan grand prix balap motor saat tampil di MotoGP Argentina pekan lalu. Meskipun gagal mengemas kemenangan, The Doctor mampu berdiri gagah di podium kedua bersama rekan setimnya, Maverick Vinales (pertama) dan Cal Crutchlow.

Bagaimana pun juga Rossi adalah pembalap top dalam sejarah roda dua. Sebab, dia mampu mengumpulkan 350 kali penampilan.

Rossi adalah satu-satunya pembalap yang mampu menorehkan catatan tersebut. Sementara di urutan kedua ada nama Loris Capirossi dengan 328 kali disusul Jack Findlay dengan total 282 penampilan di ajang grand prix.

Secara keseluruhan Rossi telah menorehkan podium ke-222 selama 21 tahun. Jika dihitung total kemenangan dia telah mencetak 114 di empat kelas berbeda (125cc, 250cc, 500cc) dan MotoGP.

Rossi sejauh ini sudah mengumpulkan 64 pole position sepanjang kariernya. Ini berarti ia telah menghabiskan sekitar 245 jam di lintasan balap motor atau MotoGP.

Hal ini diketahui dari hasil penelitian yang dilakukan Query database Forix. Dari penelitian tersebut, tercatat Rossi memiliki rekor mengaspal selama 37.738 km.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejak 1996

Perhitungan itu dimulai sejak Rossi memulai debutnya di kejuaraan dunia balap motor pada 31 Maret 1996 bersama tim Aprilia hingga saat ini. Boleh dikatakan, pemilik nomor keramat 46 ini terus menunjukkan ambisi besar untuk merebut gelar juara dunia ke sepuluh sepanjang kariernya.

Meskipun Rossi sudah berusia 38 tahun, dia masih menjadi magnet terbesar MotoGP yang menarik perhatian jutaan penonton untuk menyaksikan aksinya yang selalu menjadi unggulan. Saat ini kontrak The Doctor bersama tim Yamaha akan berakhir pada 31 Desember 2018. Jika dia memutuskan untuk memperpanjang kariernya maka dia akan berada di usia ke-40 tahun.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini