Sukses

Imigrasi Bandung Temukan Pelanggaran Essien dan Cole

Liputan6.com, Jakarta Imigrasi Klas I Bandung menemukan pelanggaran yang dilakukan dua marquee player Persib Bandung, Michael Essien dan Carlton Cole. Sanksi berat menanti bila dua eks pemain di Liga Inggris tersebut benar-benar terbukti bersalah. 

Sebelumnya, pihak Imigrasi Klas I Bandung telah memanggil manajamen Persib. Mereka meminta penjelasan terkait status Essien dan Cole yang sudah tampil di laga pembuka Liga 1 melawan Arema. Padahal, kedua pemain tersebut belum memiliki Kitas yang menjadi syarat bagi para pemain asing untuk dapat merumput di kompetisi Tanah Air. 

Menurut Kasi Wasdakim Kantor Imigrasi Klas I Bandung, Agustianur, dokumen Essien dan Cole dalam mengurus Kitas ternyata tidak lengkap. Untuk mendalami kasus ini, pihak Imigrasi Bandung juga rencananya akan memanggil kedua pemain tersebut. 

"Sementara kita menilai pelanggaran ini ternyata butuh waktu untuk pendalamannya," kata Agustianur usai bertemu dengan manajemen Persib Bandung, Senin (17/4/2017). 

"Sanksi paling tegas? barangkali bisa dideportasi kan gitu. Itu aja," kata dia. 

Meski demikian, Agustianur enggan gegabah menetapkan status Essien dan Cole sebagai pemain tersebut. sebagai warga asing ilegal. Menurutnya, keduanya sejauh ini baru terbukti tidak memenuhi persyaratan yang seharusnya dimiliki oleh pekerja asing.

"Saya belum bilang dia ilegal, cuman dia izinnya belum ada. Dia main izinnya belum ada, itu aja. rencana pemanggilan secepatnya saya juga butuh laporan ke pusat."

 

1 dari 2 halaman

Komentar Persib dan PSSI

Sementara itu, pihak Persib melalui manajer Umuh Muchtar sudah angkat bicara terkait status kedua Essien dan Cole. Menurutnya, Persib sudah mendapat izin untuk memainkan kedua pemain tersebut saat menjamu Arema di Stadion GBLA, Sabtu lalu. 

Umuh juga mengatakan, pihaknya sudah mengurus Kitas kedua pemain itu sejauh jauh hari. Hanya saja, menurut Umuh, prosesnya membutuhkan waktu.

 (Simak juga berita: BOPI Perkarakan Essien, Manajer Persib: Kami Sudah Izin PSSI)

Sebelumnya, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) memang berniat mempersalahkan izin kerja Essien dan Cole. Pasalnya kedua pemain itu belum mengantongi Kitas saat memperkuat Persib melawan Arema, Sabtu lalu. Saat tampil Essien dan Cole baru mengantongi Visa Kunjungan Usaha (VKU). Menurut BOPI, hal ini merupakan tindakan kejahatan yang wajib dilaporkan ke petugas imigrasi.

Namun Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi meminta BOPI bersabar. (Simak berita lengkapnya: (BOPI Permasalahan Kitas Essien, PSSI: Semua Butuh Proses)

Artikel Selanjutnya
Martapura FC Sesumbar Permalukan Persebaya di Depan Bonek
Artikel Selanjutnya
Bobotoh Rajin Bikin Persib Kena Denda