Sukses

Marquez: Ban Baru MotoGP Tak Jamin Keselamatan Pembalap

Michelin sudah menyediakan ban depan terbaru saat balapan di MotoGP Argentina.

Liputan6.com, Austin - Pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez, menilai ban baru Michelin untuk MotoGP 2017 tidak menjamu keselamatan. Dia dan pembalap lain sudah sepakat tak menggunakan ban keempat yang disediakan Michelin.

Michelin sudah menyediakan ban depan terbaru saat balapan di GP Argentina. Ban yang lebih keras ini dibuat Michelin karena keluhan pembalap MotoGP usai balapan di Qatar.

Namun, aksi pemogokan menggunakan ban keempat ini terjadi dua hari sebelum balapan di Argentina. Para pembalap tidak yakin ban baru ini bisa memberikan kenyamanan ketika berada di atas aspal.

"Aturan yang biasanya itu, kami mendapat tiga ban depan dan tiga ban belakang. Tidak boleh kurang atau lebih. Namun, untuk beberapa alasan, Michelin membawa ban depan ekstra," kata Marquez, seperti diberitakan Motor Sport.

"Kemudian, kami membahas ban baru itu di Komisi Keselamatan. Race Director pun tidak tahu alasan kami memiliki ban ini. Tidak ada jaminan keselamatan ketika memakai ban baru," ucap pembalap asal Spanyol tersebut.

Meski demikian, juara MotoGP 2016 itu tetap berniat mencoba ban terbaru Michelin. Marquez yakin ban depan keempat ini bisa membantunya saat melakukan pengereman.

"Sepertinya ban baru untuk balapan MotoGP ini sangat cocok dengan gaya balap saya. Lebih kuat dan sangat bagus di titik pengereman. Saya mau mencobanya," ujar Marquez menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.