Sukses

Menanti Remontada Jilid 2 Barcelona di Liga Champions

Liputan6.com, Barcelona Barcelona akan menjalani misi remontada (comeback) jilid dua menghadapi Juventus pada leg kedua perempat final Liga Champions. Laga ini berlangsung di Camp Nou, Kamis (20/4/2017) dinihari WIB.

Remontada harus dilakukan Barcelona karena pada leg pertama menyerah 0-3 dari Juventus, 12 April lalu. Saat itu, ketiga gol Juventus oleh Paulo Dybala (2 gol) dan Giorgio Chiellini.

Pada babak 16 besar, Barcelona sukses melakukan remontada atas Paris Saint-Germain (PSG). Kalah 0-4 pada leg pertama, skuat racikan Luis Enrique mampu membalikkan keadaan dengan menang 6-1 di Camp Nou.

Enrique mengakui tidak mudah mewujudkan remontada jilid dua. "Remontada jilid kedua? Sekarang itu jadi lebih sulit," ucapnya.

Tapi, pelatih 46 tahun itu tidak mau menyerah. "Kami siap mengambil risiko besar melawan Juventus. Mungkin saja kami akan menurunkan delapan striker karena harus mati-matian," kata Enrique.

"Fans harus percaya dengan kekuatan tim yang telah memenangkan segalanya. Barcelona adalah tim juara."

Jika bermain total menyerang, Enrique juga harus memikirkan kekuatan lini pertahanan. Sebab, di tiga laga terakhir Liga Champions, gawang Marc-Andre ter Stegen kemasukan delapan gol.

Berbeda dengan Barcelona, lini belakang Juventus sudah terbukti sangat solid. Dari sembilan laga Liga Champions, gawang Gianluigi Buffon baru kebobolan dua gol.

Selain itu, serangan balik Juventus juga membahayakan. Pergerakan Gonzalo Higuain, Dybala, serta Juan Cuadrado bisa mengobrak-abrik lini pertahanan Barcelona yang akan kehilangan Javier Mascherano.

1 dari 2 halaman

Catatan Buruk Allegri

Untuk kali kelima Massimiliano Allegri akan bertamu ke Camp Nou, kandang Barcelona. Kali ini, Allegri datang sebagai pelatih Juventus. Di empat laga tandang sebelumnya, pria 49 tahun berkunjung sebagai pelatih AC Milan.

Allegri punya catatan tidak bagus bersama AC Milan saat bermain di Camp Nou. Dari empat laga, AC Milan kalah tiga kali dan sekali imbang.

Salah satu kekalahan pada babak 16 besar Liga Champions 2012-13. Menang 2-0 di San Siro, Milan tidak berdaya gawangnya dibobol Lionel Messi cs dengan empat gol tanpa balas.

Bersama Juventus, Allegri tentu tidak ingin mengulangi catatan yang sama. Dia juga tidak ingin terlena dengan hasil 3-0 pada leg pertama.

"Yang paling penting adalah kami harus melupakan tiga gol di pertemuan pertama dan menargetkan untuk menang," tuturnya.

"Kami harus bisa bertahan dan menyerang dengan sama baiknya. Sesimpel itu. Jika kami kalem dan bermain seperti biasanya, maka kami akan baik-baik saja," pungkasnya.

Artikel Selanjutnya
Presiden Real Madrid Jawab Rumor Kepergian James
Artikel Selanjutnya
3 Pemain Juventus yang Banjir Peminat di Bursa Transfer