Sukses

Liga Champions: Depak Barcelona, Juventus Lolos ke Semifinal

Barcelona tak bisa menciptakan keajaiban di hadapan Juventus.

Liputan6.com, Barcelona - Tak ada lagi keajaiban yang bisa diciptakan Barcelona di Liga Champions 2016/2017. Langkah mereka terhenti setelah ditahan Juventus 0-0 pada leg kedua perempat final di Camp Nou, Kamis (20/4/2017) dini hari WIB.

Hasil tersebut membuat Juventus memastikan diri melangkah ke semifinal dengan mendepak Barcelona. Mereka unggul agregat 3-0 berkat kemenangan pada leg pertama perempat final di Juventus Stadium.

Barcelona dan Juventus langsung memperagakan permainan dengan tempo cepat. Di luar dugaan, Juventus sedikit lebih unggul dalam penguasaan bola di awal laga. Bahkan, mereka berulang kali membuat lini belakang Barcelona kerepotan.

Hingga menit kelima, Juventus lebih banyak melancarkan serangan dari sisi kanan. Berulang kali Juan Cuadrado mencoba menembus barisan pertahanan Barcelona. Sayang, manuver dan umpan silangnya belum ada yang membahayakan gawang tuan rumah.

Memasuki menit ke-10, Barcelona baru bisa mengambil alih permainan. Seperti biasa, tim asuhan Luis Enrique tersebut mengandalkan penguasaan bola dan umpan-umpan pendek. Namun, belum ada serangan yang membahayakan gawang yang dikawal Gianluigi Buffon.

Juventus yang mulai tertekan kini mencoba untuk mengandalkan serangan balik. Di menit ke-12, tendangan percobaan pertama dilepaskan I Bianconeri lewat Gonzalo Higuain. Namun, sepakannya masih jauh dari sasaran.

Dua menit kemudian, giliran Blaugrana yang melakukan percobaan. Adalah Ivan Rakitic yang melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Seperti Higuain, bola tendangan Rakitic juga melenceng jauh. Di menit ke-17, Lionel Messi melepaskan umpan matang ke dalam kotak penalti Juventus. Sayang, Jordi Alba sedikit terlambat untuk menyambut bola.

Saat memasuki menit ke-27, para pemain Barcelona mencoba untuk menembus kotak penalti Juventus. Lewat kerja sama Alba, Andres Iniesta, Messi, dan Neymar, mereka masih kesulitan mencari celah. Pada akhirnya, Iniesta mencoba peruntungan dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti.

Penguasaan bola terus menjadi milik Barcelona hingga babak pertama berakhir. Namun, belum ada satu peluang yang bisa dimaksimalkan. Babak pertama pun ditutup dengan skor kacamata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua


Meski kesulitan mencetak gol di babak pertama, Enrique masih mempercayakan komposisi pemain yang sama di babak kedua. Barcelona yang punya kewajiban mencetak empat gol langsung kembali menekan. Di menit ke-52, mereka mengancam lewat sepakan keras Messi dari luar kotak penalti.

Semenit kemudian, giliran Cuadrado yang mengancam gawang Ter Stegen. Sayang, tendangan kerasnya dari sudut sempit hanya menghasilkan sepak pojok. Seakan bergantian, Messi kembali mengancam gawang Juventus. Seperti sebelumnya, sepakan kaki kirinya masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Buffon.

Kekecewaan penyerang Barcelona Lionel Messi usai gagal memaksimalkan peluang untuk menjebol gawang Juventus. (LLUIS GENE / AFP)

Messi yang kembali mendapat kesempatan lewat tendangan bebas di menit ke-58 juga masih belum bisa memecahkan kebuntuan. Bola sepakannya berada di atas mistar gawang Buffon. Menanggapi situasi itu, Enrique menarik Rakitic dan memainkan Paco Alcacer di menit ke-58 untuk menambah daya gedor.

Peluang emas kembali didapat Messi di menit ke-66. Berawal dari sepak pojok, Buffon melakukan kesalahan dengan melakukan tepisan bola tak sempurna. Bola tersebut akhirnya mengarah ke Messi. Sayang, penyerang Argentina tersebut gagal mencetak gol meski Buffon tak berada di posisinya.

Sergi Roberto juga tak mau ketinggalan untuk membantu serangan tuan rumah. Di menit ke-69, ia mendapatkan operan bagus dari Messi. Sialnya, meski sudah dalam posisi tak terkawal, ia belum bisa mengarahkan bola ke arah yang tepat.

Tak banyak perubahan yang terjadi dalam permainan kedua tim hingga menit ke-80. Barcelona masih menjadi tim yang dominan dalam penguasaan bola dan Si Nyonya Tua sabar menunggu kesempatan untuk melancarkan serangan balik.

Susunan Pemain:

Barcelona: Ter Stegen; Pique, Rakitic (Alcacer 58), Busquets, Iniesta, Suarez, Messi, Neymar, Jordi Alba, Roberto (Mascherano 78), Umtiti

Juventus: Buffon; Chiellini, Pjanic, Khedira, Cuadrado (Lemina 84), Higuain (Asamoah 88), Alex Sandro, Mandzukic, Bonucci, Dybala (Barzagli 75), Dani Alves

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions