Sukses

Daftar 5 Kiper Termahal di Dunia, Italia Dominan

Liputan6.com, Turin - Rumor Real Madrid akan menjadikan David De Gea sebagai kiper termahal di dunia bukan mustahil menjadi kenyataan. Real Madrid dikenal royal dalam urusan menggelontorkan dana untuk membeli pemain anyar.

Sebelum transfer De Gea benar-benar jadi kenyataan, Gianluigi Buffon masih jadi pemegang rekor transfer kiper termahal. Para kiper juga dianggap layak dihargai mahal oleh klub-klub besar Eropa.

Peran kiper juga sama pentingnya dengan pemain-pemain lain di lapangan. Oleh karena itu, harga kiper kelas dunia pun mampu menyentuh puluhan juta pounds.

Namun, biasanya para penjaga gawang memiliki karier panjang bersama satu klub. Itu sebabnya, perpindahan kiper dengan nama-nama besar cukup jarang terjadi.

Berikut 5 daftar kiper termahal di dunia:

1 dari 6 halaman

5. Angelo Peruzzi ke Lazio (15,7 Juta pounds)

5. Angelo Peruzzi ke Lazio (15,7 Juta pounds)

Pernah menjadi kiper nomor satu di Italia, Angelo Peruzzi menjadi incaran klub-klub besar. Lazio yang tengah membutuhkan kiper baru sukses mendapatkannya.

Harga 15,7 juta pounds dikeluarkan Lazio untuk memboyong Peruzzi dari Inter Milan pada musim panas 2000. Peruzzi jadi benteng pertahanan terakhir Lazio yang sulit ditembus.

Kendati transfer itu terjadi pada 17 tahun lalu, Peruzzi masih masuk 5 besar kiper termahal di dunia. Meski bertubuh gempal, Peruzzi punya refleks dan ketenangan luar biasa di bawah mistar gawang.

2 dari 6 halaman

4. David de Gea ke Manchester United (18 Juta pounds)

4. David de Gea ke Manchester United (18 Juta pounds)

Saat mencari pengganti Edwin van der Sar, Manchester United agak kesulitan. Namun, tiba-tiba MU mendatangkan David De Gea dari Atletico Madrid.

Keraguan sempat menghampiri performa De Gea ketika di musim awal di MU. Namun, harga 18 juta pounds yang sudah dikeluarkan MU untuk kiper asal Spanyol itu akhirnya tak sia-sia.

Setelah beradaptasi dengan kehidupan di Inggris dan tuntutan fisik tinggi, De Gea membuktikan diri. Saat ini, De Gea dianggap salah satu kiper terbaik di dunia.

3 dari 6 halaman

3. Manuel Neuer ke Bayern Munchen (19 Juta pounds)

3. Manuel Neuer ke Bayern Munchen (19 Juta pounds)

Bayern Munchen membayar 19 juta pounds untuk menggaet Manuel Neuer dari Schalke. Harga yang dikeluarkan pantas untuk mendapat kualitas Neuer.

Neuer belum tergantikan posisinya sebagai kiper utama Timnas Jerman. Di Euro 2016, Neuer enam kali clean sheet dan masuk nominasi Ballon d'Or.

Musim lalu, Neuer mencatatkan 20 kali clean sheet dari 34 pertandingan bersama Bayern Munchen di Bundesliga. Neuer tak pernah membiarkan bola begitu mudah masuk ke gawangnya.

4 dari 6 halaman

2. Francesco Toldo ke Inter Milan (22,53 Juta pounds)

2. Francesco Toldo ke Inter Milan (22,53 Juta pounds)

Kepindahan Francesco Toldo dari Fiorentina ke Inter Milan bukan karena pengkhianatan. Fiorentina nyaris bangkrut, Toldo dijual untuk menyelamatkan keuangan klub.

Toldo menerima tawaran ke Inter Milan hingga akhirnya dia memutuskan pensiun di sana. Toldo selalu bersaing menjadi kiper terbaik Italia bersama Gianluigi Buffon.

Penampilannya stabil bersama Inter Milan. Pada Euro 2000, dia mengantarkan Timnas Italia ke final, sebelum dikalahkan Prancis. Toldo salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Italia.

5 dari 6 halaman

1. Gianluigi Buffon ke Juventus (33 Juta pounds)

1. Gianluigi Buffon ke Juventus (33 Juta pounds)

Juventus tidak puas dengan penampilan Edwin van der Sar. Gianluigi Buffon, yang kala itu dianggap kiper terbaik di Italia langsung mereka boyong dengan harga mahal.

Biaya 33 juta pounds digelontorkan Juventus untuk mendapat servis Buffon. Transfer pada 2001 itu menjadikan Buffon kiper termahal di dunia dan bertahan hingga sekarang.

Hebatnya lagi, Buffon masih bermain dengan level yang sama pada usianya yang kini menginjak 38 tahun. Keputusan Buffon hijrah ke Juventus juga penting dalam kariernya. Buffon juga memenangi Piala Dunia 2006 bersama Timnas Italia.

Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Buffon Menjadi Penjaga Gawang
Artikel Selanjutnya
Top 10 Berita Bola: Menyambut Era Emas Baru Timnas Spanyol