Sukses

Mekaki Marathon 2017 Diharapkan Dongkrak Pariwisata Lombok Barat

Liputan6.com, Jakarta - BRI Mekaki Marathon 2017, Minggu (30/4/2017) mendatang, diharapkan dapat membantu Pemerintah Lombok Barat mengembangkan pariwisata setempat.

"Selama ini orang tahu Lombok Barat hanya Senggigi. Padahal banyak wilayah lain yang juga berpotensi, salah satunya Mekaki. Dengan BRI Mekaki Marathon 2017, kami harap target 800 ribu wisatawan pada tahun ini terlewati dan mencapai satu juta," ungkap Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid.

"Peserta BRI Mekaki Marathon 2017 akan melewati hutang, kampung Sasak dan Bali, pinggiran pantai dengan gili-gili yang berjejer, serta perbukitan," sambungnya pada konferensi pers di Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata, Raseno Arya, mengamini. Dia menyatakan, setiap daerah di Indonesia memiliki daya pikat dan bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata. 

"BRI Mekaki Marathon 2017 merupakan terobosan positif untuk mengembangkan wisata Lombok Barat. Kita berharap ajang ini dapat mendorong perekonomian setempat," tutur Raseno Arya.

1 dari 2 halaman

Ramai Peserta

Sekitar 5-6 ribu peserta diperkirakan ambil bagian pada BRI Mekaki Marathon 2017. Beberapa peserta tersebut merupakan tokoh nasional.

"Target kami 2 ribu peserta sudah tercapai. Tapi, mempertimbangkan peserta membawa anggota keluarga, plus partisipasi masyarakat setempat, kami perkirakan ajang nanti diikuti 5-6 ribu orang," kata salah satu penyelenggara BRI Mekaki Marathon 2017, Juria Ambar Haruni dari ArchiSS.

Tokoh yang berencana ambil bagian di antaranya Menpora Imam Nahrawi, Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi, Walikota Bogor Bima Arya, pengamat ekonomi Faisal Basri, dan pengamat politik Yunarto Wijaya. Sedangkan dari dunia hiburan hadir artis Chicco Jerikho, Wulan Guritno, Julia Estelle, Fajar 'Alexa', Shalom Razade, Lukman Sardi, dan Robby Ertanto.

BRI Mekaki Marathon 2017 menjanjikan hal berbeda dari ajang-ajang lari lainnya. Para peserta akan disuguhi pemandangan indah plus rute menantang yang dibagi menjadi full marathon, half marathon, 10K, dan 5K.

Rute BRI Mekaki Marathon 2017 pada Minggu (30/4/2017). (Liputan6.com/Harley Ikhsan)

Artikel Selanjutnya
Festival Lovina 2017 Perkenalkan Keindahan Lovina ke Mata Dunia
Artikel Selanjutnya
Catat, Festival Pesona Tanjung Lesung Digelar Akhir Bulan Ini