Sukses

Mekaki Marathon 2017 Diharapkan Dongkrak Pariwisata Lombok Barat

Mekaki Marathon 2017 berlansung pada Minggu (30/4/2017) mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - BRI Mekaki Marathon 2017, Minggu (30/4/2017) mendatang, diharapkan dapat membantu Pemerintah Lombok Barat mengembangkan pariwisata setempat.

"Selama ini orang tahu Lombok Barat hanya Senggigi. Padahal banyak wilayah lain yang juga berpotensi, salah satunya Mekaki. Dengan BRI Mekaki Marathon 2017, kami harap target 800 ribu wisatawan pada tahun ini terlewati dan mencapai satu juta," ungkap Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid.

"Peserta BRI Mekaki Marathon 2017 akan melewati hutang, kampung Sasak dan Bali, pinggiran pantai dengan gili-gili yang berjejer, serta perbukitan," sambungnya pada konferensi pers di Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata, Raseno Arya, mengamini. Dia menyatakan, setiap daerah di Indonesia memiliki daya pikat dan bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata. 

"BRI Mekaki Marathon 2017 merupakan terobosan positif untuk mengembangkan wisata Lombok Barat. Kita berharap ajang ini dapat mendorong perekonomian setempat," tutur Raseno Arya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ramai Peserta

Sekitar 5-6 ribu peserta diperkirakan ambil bagian pada BRI Mekaki Marathon 2017. Beberapa peserta tersebut merupakan tokoh nasional.

"Target kami 2 ribu peserta sudah tercapai. Tapi, mempertimbangkan peserta membawa anggota keluarga, plus partisipasi masyarakat setempat, kami perkirakan ajang nanti diikuti 5-6 ribu orang," kata salah satu penyelenggara BRI Mekaki Marathon 2017, Juria Ambar Haruni dari ArchiSS.

Tokoh yang berencana ambil bagian di antaranya Menpora Imam Nahrawi, Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi, Walikota Bogor Bima Arya, pengamat ekonomi Faisal Basri, dan pengamat politik Yunarto Wijaya. Sedangkan dari dunia hiburan hadir artis Chicco Jerikho, Wulan Guritno, Julia Estelle, Fajar 'Alexa', Shalom Razade, Lukman Sardi, dan Robby Ertanto.

BRI Mekaki Marathon 2017 menjanjikan hal berbeda dari ajang-ajang lari lainnya. Para peserta akan disuguhi pemandangan indah plus rute menantang yang dibagi menjadi full marathon, half marathon, 10K, dan 5K.

Rute BRI Mekaki Marathon 2017 pada Minggu (30/4/2017). (Liputan6.com/Harley Ikhsan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.