Sukses

Proliga 2017, Bukti Pembinaan Atlet Voli Semakin Baik

Bank SumselBabel menjadi finalis Proliga 2017 usai dikalahkan Jakarta Pertamina Energi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Palembang Bank SumselBabel lolos ke grand final Proliga 2017. Tapi, tim racikan Samsul Jais itu harus mengakui keunggulan Jakarta Pertamina Energi dengan skor 0-3 (24-26, 12-25, 12-25) pada partai puncak di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Minggu (23/4/2017).

Lolosnya Bank SumselBabel ke final dinilai Ketua Umum PBVSI Imam Sudjarwo sebagai bukti pembinaan atlet voli di Indonesia semakin baik. "Jadi Proliga 2017 ini muncul pemain-pemain baru. Contohnya saja di putra, yang masuk final Palembang Bank SumselBabel. Bank Sumselbabel kan sudah lama tidak ke final. Ini artinya sudah terjadi pemerataan pemain," kata Imam usai menyakiskan laga final.

"Ini menunjukkan pembinaan bola voli sudah merata, tidak hanya di Jawa saja. Pembinaan berlangsung dengan baik," ia menambahkan.

Imam melanjutkan, rencananya pemain-pemain terbaik di Proliga dipanggil dan mengikuti pelatnas. Hanya terbaik yang nantinya benar-benar masuk tim jelang SEA Games 2017 di Malaysia, Agustus mendatang.

"Ada 24 putra dan 24 putri yang akan kita panggil ke pelatnas. Dari 24 putra dan putra, ini sudah dilakukan psikotest. Hasilnya akan kita pertimbangkan, setelah itu kita juga lihat faktor kemampuan," ucap Imam.

"Mereka akan kita masukkan pelatnas di Sentul. Nanti akan kita ambil 12 orang yang terbaik."

Rencananya, para pemain ini mengikuti pelatnas pada awal bulan depan. Lalu mereka akan mengikuti beberapa turnamen pada bulan Juli, sebelum turun ke SEA Games di Malaysia.

Untuk Proliga 2017, di bagian putri tampil sebagai juara Jakarta Elektrik PLN. Tim asuhan Tien Mei itu sukses mencetak hattrick meraih gelar kompetisi bola voli kasta tertinggi di Indonesia. Sementara di bagian putra, Jakarta Pertamina Energi tampil sebagai juara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.