Sukses

Rossi Hargai Keputusan Timnya Sembunyikan Penalti GP Austin

Valentino Rossi menerima hukuman penalti 0,3 detik di MotoGP Austin.

Liputan6.com, Jakarta Valentino Rossi mengapreseasi keputusan Tim Movistar Yamaha menyembunyikan penalti 0,3 detik yang diterimanya di GP Austin, Senin (24/4/2017). The Doctor--julukan Rossi--dijatuhi hukuman itu karena menerobos tikungan keempat usai bersenggolan dengan Johann Zarc.

Menurut Rossi, bila hal itu diberitahu sejak awal, dia justru berpotensi kehilangan podium. Karena itu, pembalap asal Italia tersebut menganggap langkah timnya sudah tempat.

"Jika tim memasukkan papan penalti saya mungkin akan mengambil risiko lebih pada setiap putaran untuk mengambil keuntungan. Dan saya mungkin buat beberapa kesalahan. Intinya, mereka (tim Yamaha) ambil keputusan yang tepat," kata Rossi seperti dilansir Autosport.

Insiden yang menimpa Rossi bermula saat Zarco melakukan manuver kurang lazim di tikungan ketiga. Akibatnya, senggolan dengan Rossi pun tidak dapat dihindari. Untuk menghindari dampak yang lebih parah, Rossi menerobos tikungan keempat dan memperpendek jarak dengan Marquez.

Pengarah lomba menganggap ini sebagai kesalahan dan menjatuhkan penalti kepada Rossi. "Tim saya menunggu saat saya akan menyalip Dani Pedrosa. Saya bisa membuat celah bagus di dua sektor pertama dengan mendapatkan satu detik, jadi mereka bilang itu tidak penting," katanya.

Rossi akhirnya berhasil finis di posisi kedua. Sedangkan urutan pertama ditempati oleh Marquez.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini