Sukses

Rey Ratukore Cetak Waktu Lap Menjanjikan di Yamaha Sunday Race

Rey Ratukore jadikan Yamaha Sunday Race 2017 seri 1 sebagai pemanasan untuk ikuti Asia Road Racing Championship.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap senior, Rey Ratukore catatkan waktu lap menjanjikan saat mengikuti Yamaha Sunday Race (YRS) 2017 seri 1 di Sirkuit Sentul, Minggu (23/4/2017). Dia mengukir rekor di YRS dengan waktu lap 1 menit 43, 5 detik.

Itu dilakukannya pada sesi pemanasan pada hari Sabtu. Sedangkan di race day hari Minggu, Rey yang jadi juara di kelas R25 Pro Rider (250 cc), catatkan waktu yang lebih lambat yaitu 1 menit 44,208 detik.

Meski begitu, dengan kecepatan seperti itu, Rey sulit dikejar lawan. Dia melenggang sendirian 150 sampai 200 meter di depan Rafid Topan (kedua) dan juga Willy Hammer (ketiga).

“Puji Tuhan, saya ucapkan terimakasih untuk race kali ini bisa podium pertama. Sudah 2 tahun saya tidak bergabng di balap lokal. Terimakasih untuk tim RRS yang juga tim saya sendiri, kemudian Racetech dan teman-teman yang mensupport saya," kata Rey seperti rilis yang diterima media.

Rey merupakan salah satu pembalap Yamaha Racing Indonesia (YRI). Namun untuk Yamaha Sunday Race, dia mengusung tim sendiri. YRI sendiri menurunkan Galang Hendra yang hanya finis di posisi 5 pada kelas 250 cc. Event ini dijadikan YRI untuk pemanasan jelang ikuti Asia Road Racing Championship (ARRC) seri 3 di Jepang pada 3-4 Juni mendatang.

"Keikutsertaan tim Yamaha Racing Indonesia untuk mengujicoba riset terbaru kita. Misal saat ini sehubungan mapping pengapian yang diuji Galang. Galang memang menggunakan motor spek Asia Road Race (AP250) yang secara teknis di bawah aturan Yamaha Sunday Race," Wahyu Rusmayadi, Manager tim Yamaha Racing Indonesia (YRI).

"Sehubungan riset R25, masih belum optimal. Kita bisa bermain di 1 menit 42 detik. Ini mesinnya belum diperbaiki, juga Horse Power (HP) sengaja saya turunkan untuk dayatahan," kata mekanik YRI, Leon Chandra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesta Komunitas


Yamaha Sunday Race seri 1 benar-benar jadi pesta buat komunitas. Utamanya pemilik motor 250 cc yang mengikuti kelas R25 Community B. Kelas ini mendominasi starter yang berjumlah 220 starter.

Ada 103 starter yang ikut R25 Community B. Event YRS dijadikan pembalap pemula untuk bertarung dengan pembalap non pengalaman atau profesional.

“Yamaha Sunday Race adalah ajang mengasah skill riding dan menikmati berkendara di Sirkuit sentul untuk menyalurkan hobi balapan. Bagi rider profesional, ajang ini untuk meriset motornya, sedang bagi komunitas untuk sensasi balapan  yang memacu adrenalin, “ujar M Abidin, General Manager After Sales & Public Relation PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Ternyata, sudah banyak dari peserta R 25 Community B yang bermain di torehan 1 menit 54 detik hingga 1 menit 56 detik. Best-timenya dicetak Andika Derinayu asal DKI Jakarta dari Yamaha R25 Owners Indonesia (YROI) dengan ukiran waktu 1 menit 54,880 detik dan sukses merebut podium ke-3.

Patut dipahami pula, bahwa total 103 peserta yang terlibat di kelas R 25 Community B diambil 36 starter saja. Selebihnya tetap dipertarungkan dalam dua grup yang berbeda sebagai sebuah eksebisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini