Sukses

Kuasai Klasemen MotoGP, Rossi Tetap Waspadai Marquez dan Vinales

Liputan6.com, Austin - Menguasai klasemen pembalap MotoGP 2017 tak membuat pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi jemawa. Pasalnya, musim baru berjalan tiga seri dan keunggulan Rossi di klasemen juga tak begitu signifikan.

Sukses Rossi memuncaki klasemen pembalap MotoGP 2017 tak lepas dari kesialan yang didapat rekan setimnya, Maverick Vinales. Itu karena Vinales gagal mencapai garis finis MotoGP Austin setelah terjatuh pada lap kedua.

Di tempat yang sama, The Doctor justru sukses mengamankan podium kedua. Konsistensi yang mampu dipertahankannya dengan selalu naik podium pun membuat Rossi menyalip Vinales di klasemen pembalap. Kini, Rossi yang mengoleksi 56 poin unggul enam angka atas Vinales.

"Akan bahaya jika berpuas diri dengan kemenangan saat ini karena jalan masih panjang dan berliku. Kesalahan bisa membuat Anda berada di belakang Vinales dan (Marc) Marquez. Mereka memang favorit, namun saya pikir kini juga mulai mewaspadai saya," ungkap Rossi, dikutip Tuttomotoriweb.

Sebelumnya, Rossi sempat dianggap bakal kesulitan menghadapi potensi yang dimiliki Vinales dalam kejuaraan MotoGP 2017. Pasalnya, pengganti Jorge Lorenzo di Yamaha tersebut menunjukkan aksi memukau sejak tes pramusim. Bahkan, ia juga memenangkan dua balapan awal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akui Potensi Vinales

Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales. (GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Karenanya, menjadi sebuah kejutan jika Rossi mampu memuncaki klasemen pembalap setelah tiga balapan awal. Rapornya pun jauh lebih baik jika dibandingkan dengan musim lalu. Saat itu, hanya sekali Rossi naik podium di tiga awal balapan.

"Pergi menuju kejuaraan setelah situasi sulit pada 2016 seperti balas dendam kecil. Ini seperti bangkit dari momen buruk. Jadi saya sangat senang. Namun, Vinales masih menjadi salah satu favorit untuk menjadi juara dunia," jelas Rossi.

Rossi sendiri sejatinya mendapatkan hadangan berat saat melakoni balapan MotoGP Austin. Bahkan, ia harus diganjar penalti menyusul senggolan antara dirinya dengan Johann Zarco, pembalap Yamaha Tech 3. Untungnya, ia tetap bisa mengamankan posisi kedua setelah menyalip Dani Pedrosa di lap terakhir.

Klasemen Pembalap MotoGP 2017

1. Valentino Rossi (Movistar Yamaha): 56
2. Maverick Vinales (Movistar Yamaha): 50
3. Marc Marquez (Repsol Honda): 38
4. Andrea Dovizioso (Ducati): 30
5. Cal Crutchlow (LCR Honda): 29
6. Dani Pedrosa (Repsol Honda): 27
7. Johann Zarco (Yamaha Tech 3): 22
8. Jonas Folger (Yamaha Tech 3): 21
9. Scott Redding (Pramac Racing): 21
10. Jack Miller (Marc VDS): 21
11. Danilo Petrucci (Pramac Racing): 17
12. Alvaro Bautista (Pull&Bear): 14
13. Jorge Lorenzo (Ducati): 12

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini