Sukses

Martin Atkinson Pimpin Derby Manchester, Suporter MU Gelisah?

Martin Atkinson bukan kali ini saja menjadi wasit saat MU bertanding.

Liputan6.com, Jakarta Martin Atkinson akan memimpin derby Manchester dalam lanjutan Premier League, Kamis (27/4/2017). Dalam episode kali ini, giliran Manchester United (MU) yang bertandang ke markas Manchester City di Etihad Stadium.  

Atkinson bukanlah sosok baru bagi kedua tim. Baik MU maupun Manchester City sama-sama sudah pernah bertarung di bawah kepemimpinan wasit berusia 46 tahun tersebut. 

Dilansir Manchestereveningnews, musim ini, Atkinson sudah tiga kali memimpin jalannya pertandingan MU. Atkinson bertugas saat Setan Merah mengalahkan Blackburn Rovers pada Piala FA dan juga saat MU menang atas Sunderland pada boxingday lalu. 

Meski demikian, kepemimpinan Atkinson sempat membuat para pendukung Setan Merah berang. Pasalnya, Atikinson tidak mengusir David Luis yang mengangkat kakinya terlalu tinggi hingga mengenai dada Marouane Fellaini saat MU bertandang ke markas Chelsea, Stamford Bridge. Dalam duel ini, Setan Merah dipaksa menyerah 0-4 oleh The Blues. 

Atkinson juga pernah meninggalkan kesan yang buruk kepada manajer MU sebelumnya, Sir Alex Ferguson. Pelatih asal Skotlandia itu juga pernah dibuat berang kepada Atkinson saat memimpin pertandingan MU melawan Chelsea 2011 lalu. Karena itu, Ferguson segera bereaksi saat Atkinson kembali gagal memberikan kartu merah kepada Luis.

"Anda berharap mendapat wasit yang benar-benar kuat untuk laga seperti ini. Itu adalah laga yang besar bagi kedua klub dan membutuhkan wasit yang benar-benar adil. Pokoknya Anda butuh wasit yang kuat, dan kami tidak mendapatkannya," kata Fergie. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Pembawa Sial

Meski demikian, Atkinson sebenarnya bukanlah pembawa sial bagi MU. Sebab, Atkinson merupakan wasit yang memimpin pertandingan saat MU merebut 2 derby Manchester 2009/10. Uniknya, kemenangan MU dalam dua derby ini diraih di menit-menit akhir.

Pertama lewat gol telat Michael Owen saat MU mengalahkan Manchester City 4-3 di Stadion Old Trafford dan gol tunggal Paul Scholes di markas City. Atkinson juga bertugas saat MU menang 3-2 di markas City, Estihad Stadium, 2012. Kemenangan MU saat itu juga diraih pada menit-menit terakhir lewat tendangan bebas Robin Van Persie. 

Terpilihnya Atkinson langsung menuai respons dari para pendukung kedua tim. Walaupun MU banyak menang di saat Atkinson bertugas, fans Setan Merah tetap waswas. Mereka khawatir, memori kelam di Stamford Bridge bakal terulang lagi. 

"Martin Atkinson, hmmm saya agak ragu, tapi kami tidak melawan Chelsea. Kita lihat saja apa yang terjadi," ujar pendukung MU lewat akun Twitter, Real_Austine. 

Pendukung City juga bersikap sama. Bahkan sebagian tidak senang Atkinson memimpin derby Manchester. "Selamat @ManUtd," sindir pemilik akun @Pepceptional saat mengetahui Martin Atkinson bakal memimpin derby Manchester Kamis nanti. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini