Sukses

Kata Cech Soal Formasi Baru Arsenal

Wenger pertama kali menerapkan formasi 3-4-3 pada di pertandingan Arsenal melawan Middlesbrough.

Liputan6.com, London - Kiper Arsenal, Petr Cech membeberkan perubahan yang terjadi usai Arsene Wenger memakai formasi 3-4-3. Penjaga gawang asal Republik Ceko ini mengatakan, sektor gelandang adalah yang paling terkena dampak dari perubahan formasi ini.

"Saya pikir jadi lebih kompleks di tengah, karena jumlah pemain dan ruangnya berbeda dalam hal pengorganisasian pertahanan," ujar Cech seperti dilansir situs resmi Arsenal.

"Tiga bek dan gelandang harus berkomunikasi lebih sering dalam hal meminta para bek sayap untuk membantu pertahanan atau menyerang," kata Cech menambahkan.

Wenger pertama kali menerapkan formasi 3-4-3 pada di pertandingan melawan Middlesbrough, Selasa (18/4/2017). Hasilnya, Meriam London menang tipis 2-1 atas Middlesbrough.

Formasi yang sama diterapkan Arsenal saat bersua Manchester City di Semifinal Piala FA, Minggu (27/4/2017). Arsenal pun melenggang ke final berkat kemenangan 2-1 atas tim asuhan Pep Guardiola.

Dalam formasi 3-4-3, Wenger memainkan Rob Holding, Laurent Koscielny, dan Gabriel Paulista. Untuk gelandang, Wenger memilih komposisi Granit Xhaka, Aaron Ramsey, Alex Oxlade Chamberlain, dan Nacho Monreal. Sementara, Mesut Ozil, Olivier Giroud, dan Alexis Sanchez dimainkan sebagai trisula di lini depan.

"Ada pertandingan di mana Anda bisa memainkan empat bek dan tidak memberikan keuntungan yang Anda inginkan, jadi Anda mengubahnya jadi tiga bek. Selalu bagus untuk memiliki dua pilihan lalu Anda bisa menggunakan formasi yang Anda suka," ujar Cech mengakhiri.


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dipopulerkan Conte

Formasi 3-4-3 sejatinya bukan formasi baru dalam sepak bola. Namun di Inggris pemakaiannya terhitung jarang ketimbang formasi empat bek semisal 4-3-3, 4-4-2, atau 4-2-3-1.

Formasi 3-4-3 menjadi populer kembali usai Antonio Conte masuk ke Chelsea di musim ini. Manajer asal Italia itu memakai formasi 3-4-3 di Chelsea dan berhasil membawa The Blues bertengger di puncak klasemen sementara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Petr Cech adalah pemain sepak bola Profesional asal Republik Ceko yang sekarang membela Arsenal
    Petr Cech adalah pemain sepak bola Profesional asal Republik Ceko yang sekarang membela Arsenal

    Petr Cech

Video Terkini