Sukses

MotoGP: Direktur Balapan Jelaskan Penalti Rossi

Liputan6.com, Texas - Direktur Balap MotoGP, Mike Webb memaparkan alasan hukuman penalti 0,3 detik pada pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi di MotoGP Austin, akhir pekan lalu. Menurut Webb, penalti itu diberikan karena Rossi mengambil keuntungan dari insidennya dengan Johann Zarco.

"Anda tidak bisa mengambil keuntungan saat keluar dari lintasan. Ada keuntungan yang jelas karena Rossi jadi lebih dekat dengan Marquez. Jadi, itulah yang kami soroti," ujar Webb seperti dilansir Crash.

Rossi kedapatan memotong jalur saat MotoGP Austin di Circuit of Americas, Minggu (23/4/2017) akhir pekan lalu. Sebetulnya, Rossi tidak berniat memotong jalur, namun senggolan dengan Johan Zarco memaksanya melakukan hal itu.

Tak dinyana, hal itu justru dimanfaatkan Rossi untuk memangkas jarak dengan Marc Marquez. Padahal, hal ini tak diizinkan dalam MotoGP.

Webb menuturkan, pihak MotoGP tahu Rossi tak sengaja keluar di lintasan. Namun pihak MotoGP menilai Rossi bersalah karena telah mengambil keuntungan dari hal tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Sengaja

"Di sisi lain, Rossi meninggalkan lintasan dengan tak sengaja. Itu berarti dia terpaksa karena pembalap lain. Jika seseorang keluar secara sengaja dan mengambil keuntungan, penaltinya tak lebih dari waktu yang ia dapatkan sebagai keuntungan itu," kata Webb.

Kendati mendapatkan penalti, Rossi berhasil finis di podium kedua dengan catatan waktu 44 menit 1,83 detik. Podium pertama dan ketiga jadi milik duo Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.