Sukses

Selain Penggemar Liga Italia, Kim Jong-un Juga Fans MU?

Seperti rakyat Korea Utara, Kim Jong-un juga ternyata penggemar sepak bola.

Liputan6.com, Jakarta Kim Jong-un dikenal sebagai diktator bertangan besi. Namun, di tengah banyaknya kabar menakutkan mengenai kepemimpinannya, Kim Jong-un ternyata juga penggemar sepak bola, olahraga yang selama ini dikenal menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. 

Bukan sekadar suka, Kim bahkan tergolong penggemar berat olahraga terpopuler di dunia itu. Selain tentu saja menjagokan timnas Korea Utara yang dipimpinnya, Kim juga tertarik dengan perkembangan sepak bola Eropa, seperti Liga Inggris dan Italia. 

Dailymail.co.uk pada tiga tahun lalu pernah melaporkan ketertarikan Kim terhadap Manchester United (MU) dan Wayne Rooney. Dalam artikel yang terbit pada 28 Agustus 2014 itu disebutkan bahwa Kim Jong-un sampai-sampai meminta stasiun televisi lokal di Korea Utara menyiarkan pertandingan MU dan tim-tim lain di Liga Inggris. 

Namun, permintaan Kim Jong-un tentu saja ilegal. Sebab, tidak satu pun stasiun televisi di Korea Utara berhak menyiarkan pertandingan Liga Inggris. "Tidak ada satu pun yang memegang hak siar Liga Inggris di Korea Utara," kata juru bicara Premier League.  

"Jadi bila hal ini terjadi, maka hak paten telah dicuri, terencana, dan sederhana."

Sejumlah bar di Inggris juga pernah melakukan hal yang sama, yakni menayangkan Liga Inggris meski tidak memiliki hak siar. Namun, upaya ini tidak jarang berujung kepada tuntutan hukum dari penyelenggara Liga Inggris. Jadi, Kim sebaiknya hati-hati. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tergila-gila Liga Italia

Olahraga sepak bola memang sangat populer di Korea Utara. Bahkan, negeri komunis ini sudah dua kali lolos ke Piala Dunia, yakni saat digelar di Inggris 1966 dan Afsel 2010.

Senator Italia, Antonio Razzi, belum lama ini juga mengungkapkan mengenai keterarikan Kim Jong-un dan rakyatnya pada sepak bola. Menurut Razzi, Kim merupakan penggemar Liga Italia. Kim juga selalu mengikuti perkembangannya, seperti halnya bola basket. 

Kehadiran Han Kwang-Song, pemain Korut yang merumput di Italia, menjadi salah satu alasan Kim Jong-un tergila-gila pada Serie A. Kwang-Song menjadi pemain Korut pertama yang mencetak gol di kompetisi Serie A Italia. Kwang-Song membela Cagliari. Gol debutnya terjadi pada awal April 2017 dalam laga kontra Palermo.

"Apakah dia mengikuti sepak bola Italia? Tentu saja, dia tahu segalanya tentang Serie A dan bola basket NBA," kata Razzi, seperti dilansir Gazetta dello Sport.

Menurut Razzi, Juventus juga merupakan klub yang sangat populer di Korea Utara. "Jika Juventus bermain di Stadion Pyongyang (Korut), itu sangat hebat, stadion akan terisi penuh," ucapnya. (Ikuti juga berita: Kim Jong-un Tergila-gila pada Liga Italia).

Setelah Razzi kembali dari Korut, dia berencana bertemu dengan Kwang-Song. Razzi ingin menyampaikan salam dari Korut untuk pemain berusia 18 tahun itu.

"Apa yang akan saya katakan kepada Han pada hari Minggu? Saya akan memberinya pujian. Dia dianggap berbakat untuk level di Eropa," ujar Razzi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kim Jong Un ialah Pemimpin Tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korea
    Kim Jong Un ialah Pemimpin Tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korea

    Kim Jong-un

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Serie-A adalah kasta tertinggi liga sepakbola di Italia yang dimulai pada Agustus 2016
    Serie-A adalah kasta tertinggi liga sepakbola di Italia yang dimulai pada Agustus 2016

    Liga Italia

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

Video Terkini