Sukses

MotoGP: Pembalap Jepang Bakal Bersaing dengan Rossi

Liputan6.com, Jakarta - Tim Suzuki telah mengonfirmasi Takuya Tsuda akan melakukan debut di kelas utama MotoGP. Pembalap asal Jepang itu nantinya akan menggantikan peran Alex Rins yang masih dibekap cedera saat menjalani balapan di Sirkuit Jerez MotoGP spanyol, 7 Mei mendatang.

Rins mengalami cedera setelah terjatuh di MotoGP Argentina. Akibat insiden kecelakaan itu, ia mengalami patah tulang di bagian pergelangan kaki.

Pembalap muda asal Spanyol itu akhirnya naik meja operasi. Dr Xavier Mir telah memperbaiki patah tulang di lengan bawah dan pergelangan tangan dengan dua pelat titanium. Akibat kecelakaan tersebut, dia mengalami luka parah pada saraf ulnaris yang akan dievaluasi ulang dalam beberapa minggu dengan tes elektromiografi.

"Operasi berjalan baik sesuai apa yang dikatakan Dr. Xavier Mir kepada saya. Saya ingin mengucapkan terima kasih secara pribadi atas semua perhatian semua orang, termasuk keluarga dan tim Suzuki selama saya berada di rumah sakit," kata Rins seperti dikutip dari Motorsports, Jumat (28/4/2017).

Rins akan menjalani perawatan pertamanya minggu depan di rumah sakit yang sama di Barcelona. S​ementara rehabilitasi akan dimulai setelah 10 hari kemudian. Dokter akan mencoba mempercepat proses pemulihan pembalap Suzuki tersebut yang diperkirakan berada di antara enam sampai delapan minggu.

"Pesan yang saya terima malalui media sosial benar-benar membantu saya, terutama dukungan yang terus ditunjukkan setiap anggota tim Suzuki. Dukungan itu membuat saya mendapatkan energi baru untuk segera memulai pemulihan dan kembali ke MotoGP secepat mungkin," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertama Kali Tampil di MotoGP

Untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Rins, Tim Suzuki telah menunjuk Tsuda sebagai gantinya. Ini merupakan kali pertama dia tampil di Kejuaraan grand prix balap motor.

Sebelumnya Tsuda tampil di All Japan Championship dan berbagai edisi Suzuka 8 Hours. "Pada balapan di Jerez kami telah memutuskan untuk memberikan motor kepada Takuya Tsuda. Pembalap penguji kami akan memiliki kesempatan pertamanya untuk mendapatkan pengalaman balap yang sesungguhnya," kata Manajer tim Suzuki Davide Brivio.

"Kami akan mencoba menggunakan kesempatan ini untuk lebih mengembangkan motor. Saya berharap pemulihan yang cepat dan baik untuk Alex. Kami akan menunggunya dan sampai saat itu, kami akan berusaha menyiapkan motor terbaiknya saat dia kembali."(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.