Sukses

Babak I: Atep Cetak Gol, Persib Ungguli Sriwijaya

Atep juga memiliki peluang emas untuk menggandakan keunggulan Persib.

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung memiliki peluang besar untuk mencetak kemenangan perdananya di Liga 1 2017. Mereka mengakhiri babak pertama melawan Sriwijaya FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (29/4/2017), dengan keunggulan 1-0.

Pelatih Persib Djadjang Nurdjaman membuat kejutan dalam penentuan susunan pemain. Itu karena ia memutuskan untuk mencadangkan dua Marquee Player mereka, yakni Michael Essien dan Calrton Cole. Sebagai gantinya, ia mengandalkan Raphael Maitimo, Dedi Kusnadar, dan Gian Zola di lini tengah.

Meski tanpa kedua pemain tersebut, Persib langsung tampil dengan tempo tinggi. Seperti di laga-laga sebelumnya, kecepatan Febri Hariyadi di sisi kanan serangan menjadi andalan tuan rumah.

Di menit kesembilan, Atep memberikan tekanan pertama untuk gawang Sriwijaya kawalan Teja Paku Alam. Sayang, tendangannya ke sisi kanan gawang Sriwijaya terlalu melebar. Tiga menit kemudian, Atep benar-benar menjadi momok bagi Sriwijaya.

Berawal dari manuver Tantan di sisi kanan pertahanan tim tamu hingga melewati Yanto Basna, umpan matang pun diberikan Atep. Pemain bernomor punggung 7 itu tak kesulitan menceploskan bola karena tak satu pun pemain Sriwijaya yang mengawalnya.

Meski terus tertekan, Sriwijaya masih sempat mencuri peluang di menit ke-12. Untungnya, sebuah tendangan keras mendatar dari luar kotak penalti yang dilepaskan pemain Sriwijaya masih bisa diamankan kiper I Made Wirawan.

Di menit ke-24, serangan balik Laskar Wong Kito kembali membahayakan gawang Persib. Berawal dari akselerasi Alberto Goncalves, bola diberikan kepada Slamet Budiyono. Setelah mengecoh satu pemain, ia melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Untung bagi Persib, I Made masih bisa menepisnya.

Peluang Sriwijaya

Dedi Kusnadar sempat melepaskan tendangan spekulasi di menit ke-28. Meski tenaganya sudah cukup kencang, arah bola masih jauh dari sasaran. Dua menit kemudian, Dedi kembali melakukan hal yang sama. Kali ini, bola tendangannya hanya sedikit melenceng dari tiang atas gawang Teja.

Di menit ke-35, Atep mendapatkan peluang emas untuk menggandakan keunggulan. Tendangan keras Tantan yang membentur pemain Sriwijaya berubah jadi umpan matang buat Atep. Sayang, Atep terlalu lemah saat berusaha mengarahkan bola ke gawang.

Kejutan didapat para pemain Persib di menit ke-37. Yoo Hyun Koo nyaris menyamakan skor lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penati. Sial bagi Sriwijaya, bola tersebut hanya membentur tiang atas gawang I Made.

Di menit ke-42, Indra Permana harus mendapatkan kartu kuning saat berupaya menghentikan kecepatan Febri dalam serangan balik. Sayang, tendangan bebas yang diesekusi Dedi tak bisa menghasilkan peluang emas buat Persib.

Jual beli serangan masih terus terjadi hingga akhir babak pertama. Namun, tak ada gol tambahan yang tercipta hingga wasit wasit Yeni Krisdianto meniup peluit panjang tanda jeda pertandingan. Keunggulan 1-0 Persib tetap bertahan.

Susunan Pemain:

Persib: I Made Wirawan, Vladimir Vujovic, Achmad Jufriyanto, Supardi Nasir, Henhen Herdiana, Raphael Maitimo, Dedi Kusnandar, Gian Zola, Febri Hariyadi, Atep, Tantan

Sriwijaya: Teja Paku Alam, Yanto Basna, Firdaus Ramadhan, Gilang Ginarsa, Yoo Hyun Koo, Hendra Sandi Guawan, Alberto Goncalves, Hilton Moreira, Slamet Budiyono, Manda Cingi, Indra Permana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini