Sukses

4 Marquee Player Jebolan Liga Inggris di Liga 1

Klub Liga 1 berlomba mendapatkan marquee player.

Liputan6.com, Jakarta - Liga 1 telah menjadi magnet untuk sejumlah pemain jebolan liga top dunia. Mereka datang untuk merasakan atmosfer pertandigan sepak bola Indonesia dan tentu karena diming-imingi gaji besar selama bermain.

Kehadiran marquee player seperti Michael Essien hingga Mohammed Sissoko memberikan banyak dampak untuk klub yang merekrutnya. Mulai dari daya saing antar pemain dalam tim, ketertarikan suporter untuk menonton ke stadion hingga dampak dari sektor bisnis yakni penjualan merchandise.

Pemain jebolan Liga Inggris yang merumput di Liga 1 kini juga menarik perhatian media-media internasional. Essien misalnya, yang sudah pernah merasakan gelar Liga Champions bersama Chelsea ditulis Daily Mail tengah mencari tantangan baru ke klub tak dikenal.

Sayangnya, 18 klub peserta Liga 1 harus menunda keinginan untuk menambah marquee player karena batas pendaftaran pemain berakhir, Minggu (30/4/2017). Patut ditunggu langkah klub selanjutnya pada pembukaan bursa transfer di putaran kedua kompetisi karena bisa jadi sepak bola Indonesia makin diramaikan bintang-bintang Eropa.

Liputan6.com sudah merangkum pemain jebolan Liga Inggris yang kini bermain di Liga 1. Berikut ulasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Michael Essien

Essien menjadi bintang jebolan Liga Inggris pertama yang meramaikan Liga 1  setelah bergabung dengan Persib Bandung. Hebatnya, Essien datang dengan status pemain legenda Chelsea.

Ya, Kariernya melejit bersama Chelsea pada tahun 2005 hingga tahun 2014. Dia meraih banyak gelar seperti dua trofi Liga Inggris, empat kali juara Piala FA hingga trofi Liga Champions tahun 2012.

Pemain ini debut sebagai starter Persib dalam laga pembuka kompetisi melawan Arema FC pada 15 April dan tampil selama 76 menit. Tapi gol perdana pemain asal Ghana tersebut terjadi saat imbang 2-2 melawan PS TNI 22 April lalu.

3 dari 5 halaman

Carlton Cole

Cole merupakan mantan pemain muda Chelsea yang sebagian besar kariernya dihabiskan bersama West Ham United mulai 2006 sampai 2015. Bersama The Hammers, dia mencetak 55 gol.

Dia diperkenalkan sebagai pemain Persib Bandung pada 30 Maret dan belum juga mencetak gol dalam tiga laga pembuka Liga 1. Malahan pada big match melawan Sriwijaya FC kemarin (29/4) Cole tak diturunkan oleh pelatih Djadjang Nurdjaman.

Namun Djanur percaya Cole bakal menjadi pemain penting bagi Persib musim ini. Layak ditunggu peran eks pemain timnas Inggris ini hingga akhir musim.

4 dari 5 halaman

Patrick Osaze Odemwingie

Odemwingi sudah kenyang bermain di Liga Inggris. Ia pernah membela WBA, Stoke City, hingga Cardiff City.

Hebatnya, Odemwingie juga andalan di timnas Nigeria. Dia membela timnas Nigeria dalam 63 laga dan mencetak 10 gol. Ia juga masih membela Tim Elang Super di Piala Dunia 2014.

Kualitas Odemwingie juga dibuktikan dalam tiga laga perdana bersama Madura United. Ia sukses menyumbang dua gol saat melawan Bali United dan Mitra Kukar.

5 dari 5 halaman

Mohammed Sissoko

Mohamed Sissoko menjadi alumni Liga Inggris lain yang menjajal kariernya di Liga 1. Musim ini ia membela Mitra Kukar.

 

Sissoko sendiri bukan nama asing di liga Eropa. Selain pernah membela klub elite Eropa, Juventus (Italia) dan Liverpool (Inggris), dia juga pernah dua kali jadi juara liga Eropa, bersama Valencia di Liga Spanyol musim 2003/04 dan Paris Saint Germain (Prancis), musim 2012/13.

Bersama Valencia, Mohamed Sissoko juga pernah merasakan juara Piala UEFA, cikal-bakal Liga Europa. Ketika itu, di musim 2003/04, di final Valencia mengalahkan Marseille 2-0.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini