Sukses

Bukan Hanya Ronaldo, Ini Kunci Sukses Madrid Tekuk Atletico

Toni Kroos mengungkapkan rahasia kemenangan Real Madrid atas Atletio Madrid.

Liputan6.com, Jakarta Cristiano Ronaldo memang mencetak hattrick saat Real Madrid mengalahkan Atletico Madrid 3-0 di Santiago Bernabeu pada leg pertama semifinal Liga Champions, Rabu dinihari WIB (3/5/2017). Namun ternyata, bukan Ronaldo yang menjadi kunci kemenangan Los Blancos dalam duel ini.

Menghadapi Atletico sebenarnya bukan perkara baru bagi Madrid. Sebelumnya, kedua tim bahkan sudah dua kali bertemu di final Liga Champions, dan Madrid keluar sebagai pemenang.

Namun kali ini, Manajer Madrid, Zinedine Zidane harus memutar otak lebih cepat. Sebab pasukannya tidak diperkuat salah seorang penyerang andalannya, Gareth Bale akibat cedera.

Perubahan skema bermain terpaksa dilakukan. Menurut Toni Kroos, saat bertemu Atletico Zidane lebih banyak menumpuk pemain di lini tengah. Dan pemain asal Jerman itu memuji kejelian Zidane yang akhirnya berhasil membawa pasukannya menang dengan skor 3-0.

"Ini hasil yang sangat bagus. Jauh di luar harapan kami. Penampilan yang hebat, hasil yang luar biasa. Tapi ini baru leg pertama," kata Kroos kepada BT Sport seperti dilansir Soccerway.

"Hari kami sangat menyenangkan. Kami punya taktik yang bagus. Kami punya pemain yang lebih banyak di lini tengah. Kami biasa bermain dengan tiga (di tengah) dan tiga di depan, namun kali ini kami pakai empat dan membuat kami mampu mengontrol jalannya pertandingan," katanya.

Atletico awalnya berusaha mengandalkan dua penyerang, Antoine Griezmann dan Kevin Gameiro dalam mendobrak pertahanan Madrid. Namun gerakan keduanya mampu diredam oleh duo Prancis, Casemiro dan Luka Modric. Sementara Isco ditempatkan pada posisi nomor 10. 

Menurut Kroos, skema yang diterapkan Zidane membuat mereka lebih kuat dalam bertahan dan mampu melepaskan umpan ke daerah-daerah berbahaya. "Saya pikir, kami tampil baik dan kami layak mendapat hasil ini. Pekan depan kami akan ke Calderon dan selalu sulit tampil di sana."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lantas apa peran Ronaldo?

Meski demikian, Kroos tetap memuji peran Ronaldo. Sebab menurutnya, tanpa ketajaman mantan pemain Manchester United itu, taktik 'keren' Madrid tidak akan membuahkan hasil.

"Senang punya pemain seperti Ronaldo. Anda bisa kuat bertahan, anda bisa menguasai lini tengah, tapi Anda butuh pemain yang mampu cetak gol untuk mendapatkan hasil," ujar Kroos. 

"Ronaldo mencetak 5 dari 6 gol Madrid di perempat final (melawan Bayern Munchen) dan sekarang tiga lagi. Luar biasa," kata Kroos.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.