Sukses

Pelita Jaya Tundukkan Satria Muda

Bertindak sebagai tuan rumah, Pelita Jaya sempat mengawali gim dengan buruk.

Liputan6.com, Bandung - Pelita Jaya Jakarta berhasil merebut gim pertama final IBL Pertalite 2017. Ponsianus Nyoman Indrawan dan kawan-kawan mengalahkan Satria Muda Pertamina 63-57 di GOR C’Tra Arena Bandung.

Bertindak sebagai tuan rumah, Pelita Jaya mengawali gim dengan buruk. Mereka sempat tertinggal 0-9 di pertengahan pertama kuarter pertama. Satria Muda Pertamina merebut kuarter pertama 20-13.

Memasuki gim kedua, Pelita Jaya mencoba bangkit dan mengejar. Hasilnya terlihat, mereka cuma tertinggal satu bola saat babak peetama berakhir, 35-33.

Di kuarter ketiga, PJ sempat unggul 42-41, namun Tyreek Jewell mengembalikan keunggulan SMP, 43-41. SMP mempertahankan keunggulan 51-44 saat kuarter ketiga usai.

Pelita Jaya mengamuk di kuarter terakhir. Tembakan tiga angka Martavious Irving, lay up dan tembakan tiga angka Daniel Wenas membuat PJ unggul, 52-51. Tyreek Jewell sempat menyamakan kedudukan menjadi 53-53, namun lemparan bebas Kore White membuat PJ kembali memimpin 55-53.

Kondisi SM yang sudah mengalami team foul saat waktu tersisa 5 menit 26 detik dimanfaatkan dengan baik oleh Pelita Jaya. Mereka mampu mempertahankan keunggulan hingga pertandingan berakhir.

“Pujian buat pemain kami yang memiliki daya juang tinggi. Kuarter awal kami bermain jelek, lawan mampu membuat angka dengan mudah, namun di kuarter terakhir anak-anak fokus dan disiplin,” kata Johannis Winar, pelatih PJ.

Pemain bench Daniel Wenas menjadi salah satu penentu kemenangan Pelita Jaya. Wenas menyumbang enam dari delapan poin yang dibuatnya di kuarter empat. Wenas juga menyumbang 11 rebound.

Pelatih SMP, Youbel Sondakh, mengakui pasukannya kehilangan fokus. “Stamina menurun di kuarter akhir hingga mempengaruhi fokus. Kami akan bangkit di gim berikutnya,” kata Youbel.

Kore White mencetak double-double bagi PJ dengan 17 angka dan 12 rebound. Martavious Irving membuat 18 angka. Di kubu SMP, Carlos Smith juga mencetak double-double dengan 15 angka dan 12 rebound.

Gim kedua akan berlangsung di BritAma Arena Mahaka Square Kelapa Gading Jakarta, Sabtu (6/5/2017). Jika SM mampu memenangkan gim kedua, gim penentuan akan berlangsung di tempat sama, Minggu (7/5/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.