Sukses

4 Pemain Murah Ini Jadi Bintang Juventus

Cukup banyak penggawa Juventus yang rutin diturunkan sebagai starter, namun harganya terbilang murah.

Liputan6.com, Turin - Kapitalisme dalam sepak bola modern semakin hari semakin kentara. Saat ini, pemain yang menonjol sedikit saja akan langsung ditawar dengan harga dan gaji tinggi. Apalagi pemain yang benar-benar bermain luar biasa, mereka biasanya akan menjadi kandidat pemecah rekor transfer dunia.

Namun nyatanya, harga mahal tak selalu berbanding lurus dengan penampilan sang pemain di lapangan. Ekspektasi klub pun menjadi tak kesampaian. Dan kalau sudah demikian, pemain tersebut akan menuai cibiran.

Sebaliknya, pemain dengan harga murah tak jarang bermanfaat banyak bagi klub. Apalagi jika klub mampu mendidik dan mengelola pemain tersebut menjadi pemain yang disiplin dan hebat.

Seperti yang terdapat dalam skuat Juventus. Cukup banyak penggawa mereka yang rutin diturunkan sebagai starter, namun harganya terbilang murah.

Murah yang dimaksud di sini adalah harganya tak lebih dari 8 juta euro (sekitar Rp 117 miliar). Liputan6.com merangkum empat pemain Juventus yang termasuk kategori tersebut.

Tiga di antaranya bahkan menjadi pemain kunci kemenangan 2-0 Juventus atas Monaco di Leg I Semifinal Liga Champions Kamis (4/5/2017) dinihari WIB. Siapa saja pemain murah tapi penting di Juventus saat ini? Berikut daftarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Andrea Barzagli

Barzagli direkrut Juventus dari Wolfsburg pada Januari tahun 2011 dengan harga 300 ribu euro (sekitar Rp 4,3 miliar). Harga ini terbilang sangat murah jika diukur dengan harga-harga umum pemain saat ini. Belum lagi jika dilihat dari andil yang ia berikan untuk Si Nyonya Tua.

Barzagli merupakan komposisi penting dalam trio BBC di lini belakang Juventus, bersama Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci. Ia membantu Juventus menjuarai Serie 5 lima musim berturut-turut.

Sebelum membela Juventus, Barzagli juga pernah membela klub-klub Italia lainnya, antara lain Ascoli, Chievo, dan Palermo.

3 dari 5 halaman

Giorgio Chiellini

Komposisi trio BBC lainnya, Giorgio Chiellini juga dibeli dengan harga yang terbilang murah. Ya, bek berusia 32 tahun itu direkrut dari Fiorentina pada 1 Juli 2005 dengan harga 7,7 juta euro (sekitar Rp 11,2 miliar). Tentu saja murah jika diukur dari andil yang ia berikan untuk Juventus.

Chiellini merupakan bagian penting Juventus dalam satu dekade terakhir. Ia membantu Juventus menjuarai Serie A lima kali berturut-turut dalam lima musim terakhir. Ia juga termasuk pemain yang loyal ketika Juventus didepak ke Serie B akibat kasus Calciopoli (pengaturan skor) pada 2006.

Baru-baru ini Chiellini memperpanjang kontraknya dengan si Nyonya Tua hingga 2020. Dengan kontrak barunya itu, maka Chiellini akan tetap berada di Turin sampai usianya mencapai 35 tahun.

4 dari 5 halaman

Dani Alves

Selain Bonucci dan Chiellini, Dani Alves juga merupakan pemain kunci kemenangan Juventus atas AS Monaco di Leg I Semifinal Liga Champions Kamis (4/5/2017) dinihari WIB.

Bukan saja murah, Juventus mendapatkan Alves secara gratis dari Barcelona musim panas tahun lalu. Di usianya yang kini menginjak angka 33, kehebatan Alves nyatanya belum habis. Juventus masih dapat merasakan peran yang sangat besar atas kehadiran bek kanan Brasil itu.

Di musim pertamanya ini, Alves sejauh ini sudah tampil 28 kali, mencetak 4 gol dan 7 assist. Terakhir, mantan bek Sevilla itu memberikan dua assist bagi terciptanya dua gol Gonzalo Higuain ke gawang Monaco.

5 dari 5 halaman

Daniele Rugani

Satu lagi pemain murah Juventus yang tak kalah penting adalah Daniele Rugani. Bek berusia 22 tahun itu direkrut dari Empoli seharga 5 juta euro pada Februari 2015 lalu.

Memang, Rugani sejauh ini belum menjadi pilihan utama dalam starting line-up Juventus. Musim ini ia hanya tampil 20 kali dan menyumbang 3 assist. Namun, kemampuannya tak dapat diremehkan. Beberapa klub besar sudah mulai mengincarnya, antara lain Arsenal dan Chelsea.

Rugani memang dipersiapkan oleh Juventus untuk menjadi pengganti trio BBC yang sudah mulai uzur. Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri menjanjikannya tempat utama musim depan, jika masih bertahan di Turin.

(Abul Muamar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus