Sukses

Sempat Terhenti, Laga Persiba Kontra PS TNI Berakhir Imbang

Bagi Persiba ini adalah poin perdana mereka setelah di tiga laga sebelumnya selalu kalah.

Liputan6.com, Jakarta Pertarungan pekan keempat Liga 1 2017 antara PS TNI dan Persiba Balikpapan di Stadion Pakansari, Jumat (5/5/2017), berakhir tanpa pemenang. Laga sempat dihentikan selama 40 menit akibat hujan deras.

PS TNI pada pertandingan itu harus puas bermain 1-1 melawan Persiba. Bagi Persiba, raihan tersebut adalah hasil positif.

Hasil ini adalah poin perdana mereka setelah di tiga laga sebelumnya selalu kalah. Tiga kekalahan itu pula yang membuat Timo Scheunemann mundur dari posisi pelatih Persiba.

Di awal laga, PS TNI memang lebih unggul dalam penguasaan bola. Namun, justru tim tamu yang membuka keunggulan lebih dulu lewat skema serangan balik

Adalah Marlon Da Silva yang membawa Persiba unggul 1-0 di menit ke-11. Dengan dingin pemain asal Brasil tersebut menuntaskan sodoran umpan  Masahito Noto.

Setelah tertinggal, PS TNI mencoba untuk meningkatkan intensitas serangan. Namun, kombinasi Gustur Cahyo Putro dan Leonel Jorge Nunez belum mampu menghasilkan gol.

Tak berkembang, pelatih anyar Ivan Kolev pun melakukan pergantian pemain di menit ke-27. Leonel Jorge Nunez ditarik dan digantikan dengan Muhammad Guntur Triaji.

Bicara penguasaan bola, PS TNI memang lebih unggul. Namun efektivitas serangan justru menjadi milik Persiba. Sayang, tak ada gol tambahan yang tercipta hingga babak pertama berakhir.

Sebelum babak kedua dimulai, giliran Persiba yang melakukan pergantian pemain. Tedi Hasanudin yang notabene pemain U-23 digantikan Heri Susanto.

Babak Kedua

Di awal babak kedua, PS TNI mencoba untuk mengoptimalkan sisi sayap. Wawan Febrianto yang notabene beroperasi di sayap kanan pun bekerja lebih keras. Namun, beberapa crossing yang dilepaskannya belum mampu dimaksimalkan.

Menit 56, tuan rumah nyaris menyamakan skor. Sayang, sundulan Bruno Martins masih mampu ditepis kiper Yoewanto Setya Beny. Semenit kemudian, Ivan Kolev justru menarik Wawan dan memasukkan Ahmad Nufiandani.

Tempo permainan di babak kedua sendiri berjalan lebih lambat. Itu karena hujan deras disertai angin yang mengguyur Stadion Pakansari. Akibatnya, para pemain kedua tim kesulitan menguasai bola.

Memasuki menit ke-60-an, laju bola di lapangan pun mulai tidak mulus. Pasalnya hujan yang mengguyur membuat hampir seluruh sisi lapangan tergenang air.

Kondisi itu membuat PS TNI memainkan bola-bola atas. Strategi itu terbukti jitu. Mereka akhirnya bisa menyamakan skor lewat tendangan Hong Soonhak dari luar kotak penalti di menit ke-68 setelah memanfaatkan bola liar sundulan pemain Persiba.

Setelah melihat kondisi lapangan tak memungkinkan, wasit Untung akhirnya memutuskan untuk menghentikan pertandingan di menit ke-77. Itu karena laju bola benar-benar tersendat akibat genangan air.

Usai dihentikan sekitar 40 menit, laga pun kembali dimulai pada pukul 17:30 WIB. Namun, tak ada gol tambahan yang tercipta hingga pertandingan berakhir. Skor 1-1 tetap bertahan pada laga yang juga menjadi debut Ivan Kolev tersebut.

Susunan Pemain:

PS TNI: Dhika Bhayangkara; Andi Setyo, Talin Facundo, Agil Munawar, Muhammad Kasim Slamat, Soonhak Hong, Wawan Febrianto, Elio Bruno Teixeira Martins, Gustur Nurcahyo, Leonel Jorge Nunez (Ganjar Mukti Muhardiyana 27)

Persiba: Yoewanto Stya Beny: Alfath Faathier, Ardhi Yuniar (Fengkyu Turnado 73), Iqbal Sanad, Anmar Almubarak, Bryan Cesar Ramadhan, M Ilhamul Irhaz, Masahito Noto, Tedi Hasanudin (Heri Susanto 46), Marlon Da Silva

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini