Sukses

5 Pesepak Bola Top yang Berstatus Gratisan Akhir Musim Ini

Yaya Toure dan Mario Balotelli masuk daftar pemain gratis pada Juni nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Kontrak pemain yang bakal segera kedaluwarsa pada akhir musim nanti patut untuk dinantikan. Sebab ada lima pesepak bola top yang bisa cabut dari klub dengan status gratisan akhir musim ini.

Tentu, ini bisa saja jadi kesempatan beberapa klub Eropa untuk meminang jasa pemain berstatus itu. Karena meski bisa diboyong secara gratis, tapi nama-nama tersebut bisa dibilang bisa jadi andalan.

Masih ingat kasus Robert Lewandowski? Ya penyerang yang kemas 103 gol untuk Borussia Dortmund itu malah menyeberang ke Bayern Muenchen dengan status bebas transfer pada 2014. Kini, Lewa berhasil jadi salah satu nyawa Die Roten.

Contoh lainnya datang dari Zlatan Ibrahimovic musim panas lalu. Kontraknya yang berakhir di Paris Saint Germain, membuat Manchester United (MU) meminang secara gratis.

Hasilnya? 28 gol dari 47 penampilan di semua kompetisi musim ini sudah dicetaknya untuk Red Devils. Kedua contoh itu membuktikan, kalau berstatus bebas transfer bukan melulu tak punya kualitas atau murahan.

Nah, lima pemain di bawah ini bisa saja mengulang kasus itu. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pepe

1. Pepe

Musim ini kemungkinan besar merupakan akhir karier Pepe bersama Real Madrid. Presiden Los Blancos, Florentino Perez sebenarnya merupakan pengagum dari pemain Portugal itu setelah atas semua yang dicapainya di Santiago Bernabeu.

Ada juga perasaan yang tumbuh bahwa kehadiran Pepe telah membelenggu beberapa talenta masa depan Madrid, seperti Nacho dan Raphael Varane. Pepe kini berusia 34 tahun, namun tidak menunjukkan tanda-tanda melambat.

Begitu banyak rumor transfer yang menghubungkannya ke berbagai klub di sekitar Eropa dan Liga Super Tiongkok. Patut menarik dinantikan ke mana bek yang dikenal garang itu bakal berlabuh.

3 dari 6 halaman

Fernando Torres

2. Fernando Torres

Torres mungkin tidak memiliki musim baik. Namun, kinerjanya masih cukup terasa bersama Atletico Madrid.

Mantan striker Liverpool itu memang belakangan menurun secara penampilan. Namun, dia kerap muncul sebagai penyelamat atau pahlawan pasukan Diego Simeone.

Contohnya saat Atletico meraih kemenangan dramatis atas Celta Vigo pada lanjutan Liga Spanyol, Februari lalu. Gol indah Fernando Torres membantu Atletico menang 3-2 di Vicente Calderon.

Kontraknya sendiri berpotensi tak diperpanjang pada akhir musim nanti. Tapi, daya tarik Torres tampaknya tak akan menurun. Beberapa klub dikabarkan siap meminangnya.

4 dari 6 halaman

Yaya Toure

3. Yaya Toure

Gelandang Manchester City ini mungkin tidak berada di puncak fisik lagi. Tapi dia masih memiliki kekuatan di lini tengah.

Bos City, Pep Guardiola sendiri sempat berselisih paham dengan Yaya dan agennya. Namun belakangan mereda dan bahkan gelandang Pantai Gading itu menjadi tokoh kunci di lini tengah setelah cedera Ilkay Gundogan sampai akhir musim.

Sepertinya tidak mungkin Yaya akan tinggal di Manchester City musim depan. Untuk status transfer gratis, dia akan menjadi tambahan luar biasa bagi tim mana pun.

5 dari 6 halaman

Zlatan Ibrahimovic

4. Zlatan Ibrahimovic

Apa selanjutnya untuk Zlatan? Setelah membuktikan masih menggila di Liga Inggris, Zlatan masih jadi komoditi panas yang bisa diperebutkan akhir musim nanti, meski masih dibelenggu cedera.

Masih menjadi pemain kelas dunia, tampaknya Ibrahimovic adalah salah satu pemain yang tak termakan usia. Langkah panjangnya menunjukkan bahwa dia bisa menandingi bek yang bahkan memiliki kecepatan dibandinginya.

Ibrahimovic memiliki hubungan baik dengan Jose Mourinho. Namun mengingat betapa buruknya hasil di liga musim ini, MU pasti ingin cari striker segar dan punya masa depan panjang.

Andai pergi, Ibra tentu masih jadi bahan rebutan di klub Eropa. Rumor transfer yang mengatakannya bakal hijrah ke klub MLS tampaknya tak akan terjadi. Karena striker Swedia itu masih sangat berkualitas untuk klub Eropa.

6 dari 6 halaman

Mario Balotelli

5. Mario Balotelli

Teka-teki Mario Balotelli terus jadi buah bibir dalam sepak bola. Setelah dilupakan di Liverpool, dia memutuskan pindah ke Ligue 1 Nice secara gratis.

Di bawah kendali Lucien Favre, Balotelli tidak memiliki pilihan selain menundukkan kepalanya dan mendapatkan kariernya kembali ke jalur semula. Alhasil, striker asal Italia itu telah berhasil dengan baik di Nice.

Buktinya, dalam 26 penampilan musim ini, Balo berhasil cetak 16 gol di sana. Tentu, torehan itu bisa bikin karier penyerang 26 tahun tersebut pulih kembali.

Presiden OGC Nice, Jean-Pierre Rivere mengakui bahwa akan sulit meyakinkan Balotelli untuk tinggal. Dengan perbaikan CV di Nice, tentu akan bagus buat Balo menarik perhatian klub Eropa musim panas nanti. (I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini