Sukses

MotoGP Spanyol: Marquez Tanggapi Keluhan Rossi dan Vinales

Marquez menilai Honda adalah favorit juara balapan MotoGP Spanyol 2017.

Liputan6.com, Jerez - Jelang balapan MotoGP Spanyol 2017 di Sirkuit Jerez, Minggu (7/5/2017), para pembalap Yamaha mengeluh setelah gagal mendapatkan posisi bagus pada kualifikasi. Maverick Vinales start dari baris kedua dan Valentino Rossi di baris ketiga.

Keduanya pun mengeluhkan hal yang sama. Mereka sama-sama berbicara soal tidak adanya grip pada ban, khususnya saat menikung. Padahal, akselerasi saat menikung adalah kekuatan andalan Yamaha di MotoGP selama ini.

Berbeda dengan Honda yang terlihat sangat bersahabat dengan kondisi lintasan. Puncaknya adalah tiga pembalap Honda mampu mengamankan baris terdepan posisi start. Mereka adalah Dani Pedrosa, Marc Marquez, dan Cal Crutchlow.

"Pedrosa memiliki grip bagus dengan ban yang dibawa Michelin. Sebaliknya, YZR-M1 justru bermasalah saat berbelok ke kiri. Seperti yang dijelaskan Rossi dan Vinales, sisi kiri ban tidak memiliki grip yang cukup. Semua orang masih bisa meningkat saat balapan, tapi perasaan saya Honda jelas favorit," ucap Marquez, dilansir Tuttomotoriweb.

Pembalap Honda yang paling menonjol sepanjang agenda MotoGP Spanyol 2017 adalah Pedrosa. Pembalap Spanyol itu hanya sekali tak menempatkan catatan waktunya di urutan teratas, yakni pada latihan bebas keempat. Sisanya, ia selalu tampil sebagai yang tercepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akui Pedrosa

Hal tersebut juga diakui Marquez. Bahkan, tanpa sungkan ia menilai Pedrosa sebagai favorit juara MotoGP Spanyol 2017. Apalagi, Pedrosa juga memiliki pengalaman yang bagus. Dari 10 kali balapan di Sirkuit Jerez, hanya sekali Pedrosa gagal naik podium.

Laju pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa tak terbendung sepanjang agenda MotoGP Spanyol 2017 di Sirkuit Jerez. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Meski begitu, Marquez juga tak lantas menyerah begitu saja. The Baby Alien juga membutuhkan poin penuh untuk bersaing di klasemen pembalap. Saat ini Marquez duduk di urutan ketiga dengan selisih 12 poin dari Vinales dan 18 poin dari Rossi.

"Kita lihat saja, untuk saat ini saya melihat akan berjuang untuk menang. Namun Dani memiliki kecepatan yang lebih. Saya akan tetap mencoba untuk membuat start yang bagus pada lap pertama," beber Marquez.

 

3 dari 3 halaman

Klasemen Pembalap

1. Valentino Rossi (Movistar Yamaha): 56
2. Maverick Vinales (Movistar Yamaha): 50
3. Marc Marquez (Repsol Honda): 38
4. Andrea Dovizioso (Ducati): 30
5. Cal Crutchlow (LCR Honda): 29
6. Dani Pedrosa (Repsol Honda): 27
7. Johann Zarco (Yamaha Tech 3): 22
8. Jonas Folger (Yamaha Tech 3): 21
9. Scott Redding (Pramac Racing): 21
10. Jack Miller (Marc VDS): 21
11. Danilo Petrucci (Pramac Racing): 17
12. Alvaro Bautista (Pull&Bear): 14
13. Jorge Lorenzo (Ducati): 12
14. Aleix Espargaro (Aprilia): 10
15. Loris Baz (Avintia): 9
16. Andrea Iannone (Suzuki): 9
17. Hector Barbera (Avintia): 8
18. Karel Abraham (Pull&Bear): 8
19. Tito Rabat (Marc VDS): 8
20. Aleix Rins (Suzuki): 7
21. Pol Espargaro (KTM): 2
22. Bradley Smith (KTM): 1
23. Sam Lowes (Aprilia): 0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini