Sukses

MotoGP Spanyol, Rossi: Saya Beruntung Bisa Finis

Rossi menempati peringkat ke-10 dalam balapan MotoGP Spanyol.

Liputan6.com, Jerez - Valentino Rossi gagal naik podium pada ajang balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (7/5/2017) malam WIB. Rider Movistar Yamaha itu menyelesaikan balapan di peringkat ke-10 dari posisi start ketujuh.

Rossi mengakui balapan MotoGP Spanyol kali ini tidak mudah. Ini merupakan hasil terburuk yang diraihnya di balapan kering sejak di Assen pada 2012 silam. Masalah selip yang menghantui sepanjang akhir pekan gagal diatasi pembalap 38 tahun itu.

"Saya beruntung bisa finis," kata Rossi seperti dilansir Crash.

"Akhir pekan yang sangat-sangat sulit dan sejujurnya ini merupakan balapan yang sangat sulit. Kami tidak menyangka. Kami beharap tampil lebih tangguh, lebih kompetitif, terutama jika melihat ke hasil-hasil beberapa tahun terakhir di Jerez."

"Kami selalu sangat kesulitan dengan selip yang terjadi saat akselerasi. Itu adalah masalah utama sepanjang akhir pekan ini. Untuk balapan, kami coba mengubah keseimbangannya, karena kami sempat khawatir dengan daya tahan ban belakang medium," papar Rossi.

"Bagaimanapun, ban hard mustahil untuk digunakan. Kami sudah mencoba untuk mengurangi selipnya. Pada akhirnya malah lebih buruk. Saya kehilangan kenyamanan di bagian depan. Juga sangat sulit untuk pengereman, masuk tikungan di semua titik yang pada sesi latihan sebelumnya yang mana saya lebih baik," ujar Rossi lagi soal balapan di MotoGP Spanyol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masalah Lain

Tak hanya masalah selip yang membuat ban tergerus dengan cepat, Rossi juga merasakan ada getaran dari sisi kiri ban. Juara dunia sembilan kali itu berharap bisa menemukan penyelesaian di sesi tes.

"Pada akhirnya kami tidak memperbaiki selipnya dan mungkin justru membuatnya semakin buruk. Selama enam atau tujuh putaran terakhir, terutama di kiri, saya mulai mengalami getaran yang sangat besar," ujar Rossi.

"Saya harus mulai memperlambat laju tiga detik per putaran. Pada akhirnya, saya beruntung bisa tiba di garis finis. Kami harus mencoba memahami situasi ini."

"Kami harus mencoba membuat situasi lebih baik. Besok kami akan menjalani tes. Mungkin akan ada sesuatu yang menarik untuk mencoba memahami motor lebih baik, jadi kami bisa lebih tangguh dan kompetitif untuk Le Mans," Rossi mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini