Sukses

MotoGP: Beda Pendapat dengan Rossi, Marquez Puji Zarco

Pada MotoGP 2017, Rossi sempat mengkritik Zarco, lain hal dengan Marquez.

Liputan6.com, Jerez - Insiden dengan Valentino Rossi pada MotoGP Austin 2017 membuat gaya balap Johan Zarco mendapat sorotan tajam. Maklum, gaya balapnya terbilang sangat berisiko menciptakan senggolan dan membahayakan pembalap lain.

Sialnya, Rossi yang menjadi korban gaya balap Zarco pada MotoGP Austin. Kala itu, senggolan keduanya membuat Rossi terpaksa memotong jalur. The Doctor pun harus menerima penalti 0,3 detik dari pengawas balapan (race director).

Usai insiden tersebut, beberapa pembalap pun langsung seakan menasehati Zarco. Banyak yang menyebut pembalap Yamaha Tech 3 itu harus beradaptasi dengan gaya balap di MotoGP yang sangat berbeda dengan di Moto2.

Beberapa pembalap yang mengomentari gaya balap Zarco adalah Rossi, Andrea Iannone, Dani Pedrosa, hingga Marc Marquez. Khusus untuk Marquez, ia justru merasa bernostalgia setelah melihat gaya agresif Zarco.

"Zarco langsung mengesankan, bahkan di Qatar. Saya sempat berjuang melawannya dua sampai tiga lap. Ia mengingatkan saya sedikit pada diri saya sendiri ketika baru datang ke kelas MotoGP, sangat agresif, sangat terbatas, berisiko, dan dekat dengan jatuh. Pada akhirnya itu adalah cara untuk belajar," kata Marquez, dikutip Speedweek.

Ya, saat Marquez naik kelas ke MotoGP pada musim 2013, ia dikenal sebagai pembalap yang tak memiliki rasa takut. Pasalnya, ia selalu berani mengambil sudut dalam tikungan saat akan menyalip pembalap di depannya. Rossi sendiri berulang kali menjadi korban The Baby Alien.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Dukung Zarco

Tak hanya itu, Marquez juga mengambil jarak yang dekat untuk mengerem saat akan melewati sebuah tikungan. Karenanya, saat itu pembalap Repsol Honda tersebut kerap terlihat seakan akan menabrak pembalap di depannya.

Namun, gaya tersebut sudah ditinggalkan Marquez sejak MotoGP 2016. Musim lalu, ia mulai terlihat berhati-hati saat sedang melaju dengan Honda RC213V. Hal itu yang menjadi kunci sukses Marquez tampil sebagai juara dunia MotoGP 2016.

Marc Marquez (Autosport)

"Jika ia ingin belajar, ia seharusnya melaju sejak awal dan melihat tempat di mana ia bisa masuk. Saya pikir ia ada di jalan yang positif. Di Jerez, ia adalah pembalap terbaik Yamaha. Itu tidak begitu buruk," ujar Marquez soal Zarco yang finis di urutan keempat MotoGP Spanyol 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini