Sukses

Real Madrid Bertabur Rekor Jelang Final Liga Champions

Real Madrid punya modal penting jelang menghadapi final Liga Champions lawan Juventus.

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid bertabur rekor jelang menghadapi final Liga Champions lawan Juventus di Cardiff, Wales, 3 Juni mendatang. Deretan rekor ini pantas membuat Juventus ngeri karena bisa saja jadi pengaruh.

Seperti dilansir Marca, Real Madrid kini menjadi satu-satunya klub di Eropa yang bisa tembus ke Final Liga Champions sebanyak 15 kali. Belum ada klub yang bisa samai rekor ini.

Yang bikin horor, Real Madrid sudah memenangkan 11 dari 14 laga final yang sudah mereka lalui. Dengan kata lain, Los Blancos nyaris selalu sempurna setiap kali lolos ke final.

Menghadapi Juventus, Real Madrid bakal menyongsong gelar Liga Champions yang ke-12. Gelar juara nanti bakal bermakna ganda.

Soalnya sejak 1992, belum ada satu klub pun yang sukses juara Liga Champions secara beruntun. Di masa lalu, baru AC Milan yang mampu lakukan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memori Manis


Di luar rekor, Real Madrid juga mengusung memori manis hadapi Juventus. Klub besutan Zinedine Zidane ini pernah kalahkan Juventus 1-0 di laga final.

Kemenangan lewat gol Pedrag Mijatovic itu sekaligus memberi Madrid gelar ke-7 Liga Champions kala itu. Sejak itu, Madrid mulai paceklik prestasi di Liga Champions.

Dengan Jose Mourinho, Madrid tiga kali tembus semifinal Liga Champions. Namun dia selalu gagal antarkan Madrid ke final.

Madrid baru rebut gelar ke-10 Liga Champions atau La Decima di bawah arsitek Carlo Ancelotti. Musim berikutnya, Ancelotti hanya mampu membawa Madrid ke semifinal karena kalah dari Juventus.

3 dari 3 halaman

Rekor Fantastis Zidane


Di bawah Zidane, Madrid sudah toreh prestasi mencengangkan. Zidane sukses membawa Los Blancos dua kali tembus ke final.

Dari 14 laga final yang dilalui Madrid, mereka hanya kalah tiga kali. Kekalahan itu berasal dari Benfica (1962), Inter Milan (1964) dan Liverpool (1981).

Selebihnya hanya kisah-kisah sukses yang ditorehkan Real Madrid. Mereka sukses jadi juara sebanyak 11 kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.