Sukses

Real Madrid ke Final Liga Champions, MU dan Ajax Dapat Untung

MU dan Ajax dapat untung dari Real Madrid karena memastikan diri lolos otomatis ke Liga Champions musim depan.

Liputan6.com, Jakarta - Real Madrid memastikan diri ke final Liga Champions setelah menyingkirkan Atletico Madrid dengan agregat 4-2, Rabu (10/5/2017). Hal ini menguntungkan finalis Liga Europa, Manchester United (MU) dan Ajax Amsterdam.

MU lolos ke partai final Liga Europa setelah menyingkirkan Celta Vigo dengan agregat 2-1, Kamis (11/5/2017) atau Jumat dinihari WIB. Sedangkan Ajax mengalahkan Lyon dengan agregat 5-4.

Dalam peraturan UEFA, pemenang Liga Europa bisa tampil di Liga Champions musim depan melalui babak play-off. Sementara juara Liga Champions bisa lolos secara otomatis ke babak penyisihan grup musim depan bila berhasil mendapat jatah langsung di liga domestik.

Juara Liga Europa tidak bisa langsung ke babak penyisihan grup jika juara bertahan Liga Champions gagal merebut tiket otomatis di liga domestik. Bila hal ini terjadi, UEFA memprioritaskan juara bertahan Liga Champions bakal langsung masuk babak penyisihan grup. Karena peraturan ini membuat juara Liga Europa harus mengikuti jalur play-off.

Namun peraturan tersebut tidak terjadi pada musim depan. Sebab, finalis Liga Champions musim ini, Real Madrid dan Juventus sudah memastikan diri lolos secara otomatis ke Liga Champions musim depan.

Saat ini, Real Madrid berpeluang juara La Liga karena sudah mengumpulkan 84 poin dari 35 pertandingan. Los Blancos --sebutan Real Madrid-- hanya kalah head to head dari Barcelona yang memuncaki klasemen dengan jumlah 36 pertandingan.

Sedangkan Juventus juga selangkah lagi ke Liga Champions musim depan. Mereka hanya butuh satu poin tambahan untuk menjuarai Liga Italia musim ini.

Langkah Real Madrid ke final Liga Champions tentu menguntungkan MU dan Ajax yang bakal menjadi juara Liga Europa. Dua tim tersebut bisa langsung ke babak penyisihan grup Liga Champions, tanpa melalui babak play-off.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.