Sukses

Jalani Pengambilan Sumpah, Ezra Walian Sah Jadi WNI

Rampung sudah proses naturalisasi Ezra Walian menjadi Warga Negara Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Rampung sudah proses naturalisasi Ezra Walian menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Mantan pemain Jong Ajax itu telah menjalani pengambilan sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Kamis (18/5/2017).

Proses ini harus dijalani Ezra Walian agar bisa membela timnas Indonesia di berbagai ajang. Ezra pun tak sendirian dan datang bersama ayahnya, Glen Walian, yang juga menjalani pengambilan sumpah sebagai WNI. Ia juga ditemani manajernya, Wide Putera, dan Deputi Sekjen PSSI, Fani Irawan.

Keduanya datang dengan mengenakan jas biru, kemeja putih, sepatu pantofel hitam, dan kopiah hitam. Setelah masuk ruangan di lantai 4, Ezra Walian bersama enam orang lainnya yang juga menjalani sumpah pun menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Saat Kepala Kantor Wilayah Kanwil Kemenkumham, Endang Sudirman, bertanya," Apakah saudara-saudari bersedia saya ambil sumpah menurut agama masing-masing?" Ezra, ayahnya, dan empat orang lainnya menjawab, "Bersedia."

"Ini kan suatu permohonan dia untuk menjadi warga negara Indonesia dan Presiden Indonesia memberikan apresiasi kepada beliau sekaligus permohonannya dikabulkan untuk menjadi warga negara Indonesia," kata Kepala Kanwil, Endang Sudirman.

Sejatinya, Ezra sendiri sudah menjalani debut bersama timnas Indonesia saat menghadapi Myanmar pada uji coba di Stadion Patriot, Maret 2017. Saat itu ia masuk di babak kedua pada laga yang berakhir dengan kekalahan 1-3 buat timnas Indonesia tersebut.

Namun, untuk tampil bersama timnas Indonesia di ajang resmi seperti SEA Games, Piala AFF, dan lainnya, Ezra harus terlebih dulu merampungkan proses naturalisasi. Dengan pengambilan sumpah, artinya Ezra kini benar-benar resmi menjadi WNI.

"Sekarang saya sangat senang karena telah resmi menjadi warga negara Indonesia. Saya juga merasa bangga setelah menjadi orang Indonesia. Saya harap bisa menjadi seseorang buat timnas dan memberikan sesuatu buat negara ini," ujar Ezra Walian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.