Sukses

Daftar 5 Gelandang Muda U-23 Paling Berharga di Dunia

Meski berusia muda, nilai jual 5 gelandang ini sangat tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Posisi gelandang merupakan sosok sentral di sebuah tim. Mereka menjalankan permainan serta mengalirkan bola. Tapi, tugas seberat itu sudah sanggup dipikul oleh para pemain muda di bawah usia 23 tahun berikut.

Musim ini, liga-liga top di seluruh dunia telah menyaksikan banyak gelandang muda menawan. Meski masih berusia muda, andil dan kontribusi mereka sudah sangat besar bagi permainan klub.

Joshua Kimmich di Bayern Munchen bisa jadi contohnya. Masih berusia 22 tahun, dia berhasil mendominasi dan tembus dalam skuat mewah dari Bayern Munchen.

Dengan 39 penampilan dan 8 gol musim ini, Kimmich membuktikan telah tumbuh jadi bagian penting Bayern Munchen. Dia terus dibandingkan dengan Ilkay Gundogan karena gaya permainannya.

Selain Kimmich, ada lima nama lain yang dinilai berharga meski baru berusia di bawah 23 tahun. Siapa saja? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Julian Weigl

5. Julian Weigl (27 juta Euro)

Baru 21 tahun dan sudah menjadi pemain timnas Jerman, Julian Weigl dianggap jadi pemain Borussia Dortmund yang paling konsisten dalam dua tahun terakhir. Ketenangannya membuat Weigl menjadi salah satu gelandang bertahan terbaik di Jerman, bahkan di Eropa.

Weigl memang telah begitu baik sehingga dia terus dikaitkan dengan kepindahan ke Real Madrid. Dia tidak diragukan lagi berbakat dan penuh potensi, dan apa yang membuatnya menjadi bintang adalah etos kerjanya.

Ia dikenal sebagai gelandang petarung yang tak kenal lelah. Weigl adalah salah satu mahkota Bundesliga dan Dortmund. Penting bagi Die Borussen mempertahankan pemain internasional Jerman yang sangat berbakat ini.

3 dari 6 halaman

Renato Sanches

4. Renato Sanches (30 juta Euro)

Renato Sanches menjadi pemain muda paling menarik perhatian pada 2016. Dia sukses memenangkan penghargaan Golden Boy dan mengalahkan nama-nama lain, seperti Marcus Rashford.

Penghargaan itu cukup tepat diberikan kepada Sanches berkat prestasinya menjuarai Euro 2016 bersama Portugal. Bayern Muenchen yang tertarik bahkan harus mengeluarkan dana tak kurang 35 juta euro.

Selain itu, Sanches juga menjadi pemain termuda yang melakukan debut di EURO. Dia juga jadi pemain termuda yang memenangkan gelar di Eropa.

Dengan Xabi Alonso pensiun musim depan, Sanches bisa mendapatkan cukup kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya. Sanches secara luas disebut-sebut sebagai bintang Kelas Dunia sejati berikutnya setelah Cristiano Ronaldo yang muncul dari Portugal.

4 dari 6 halaman

Marco Asensio

3. Marco Asensio (35 juta euro)

Marco Asensio menjadi gelandang muda Spanyol yang patut diperhitungkan. Pemain Real Madrid ini dibekali dengan keterampilan passing yang sangat baik, visi dan kecerdasan, dan mampu pengambilan keputusan meski masih berusia 21 tahun.

Rafael Nadal menjadi sosok yang paling penting saat Madrid merekrutnya. Dia menghubungi Florentino Perez untuk meyakinkan Madrid membeli Asensio dari Mallorca. Zidane dan dewan Real Madrid akan berterima kasih kepada bintang tenis itu atas rekomendasinya.

Saat ini Aensio menikmati kepercayaan dari Zidane setelah James Rodriguez dan Isco berjuang cedera. Asensio juga bisa memainkan peran utama dalam peluang gelar Real Madrid musim ini. Buktinya dia total telah mencetak sembilan gol dan tiga assist untuk El Real.

5 dari 6 halaman

Saul Niguez

2. Saul Niguez (37 juta Euro)

Salah satu pemain paling serbaguna di Spanyol, Saul Niguez dengan cepat berkembang menjadi sosok penting bagi tim asuhan Diego Simeone. Permainan Atletico Madrid yang agresif cocok dengan Saul.

Pada usia 22 tahun, Saul masih memiliki banyak waktu untuk menentukan posisi terbaiknya, karena kemampuannya untuk membaca permainan. Dia juga mampu menghentikan aliran bola tim lawan.

Saul dikenal pemain serbaguna itu telah memainkan sejumlah posisi. Hebatnya lagi, ia mampu bermain dengan level yang sama meski posisinya beberapa kali diubah. Dia pernah bermain di posisi gelandang bertahan, pemain sayap atau bahkan sebagai playmaker.

Terus dikaitkan dengan kepindahan ke Manchester United, Atletico Madrid akan sangat ingin mempertahankan aset berharga mereka setidaknya dalam satu musim lagi. Saul musim ini telah memiliki kemampuan dan bakat untuk menjadi salah satu yang terbaik di masa depan.

6 dari 6 halaman

Dele Alli

1. Dele Alli (40 juta Euro)

Sekali lagi, Dele Alli sukses buktikan diri sebagai gelandang muda penuh talenta. Setelah mencetak 16 gol yang luar biasa di Liga Inggris, Alli bersama dengan Harry Kane dan Christian Eriksen telah membuat Spurs nyaris juara Liga Inggris.

Dele Alli bahkan dianggap punya permainan mirip dengan legenda hidup Chelsea, Frank Lampard. Lampard dan Alli memang punya kesamaan posisi. Keduanya merupakan pemain box to box yang cukup modern di lini tengah masing-masing timnya.

Gelandang 20 tahun itu mampu memanfaatkan ruang dan waktu serta berlari mencari posisi. Dia tipikal gelandang yang sangat modern dan khas Inggris. (I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.