Sukses

MotoGP: Hasil Buruk Rossi Sesuai Harapan Zarco

Zarco sudah memprediksi sesuatu yang tak diduga bisa saja terjadi pada MotoGP Prancis.

Liputan6.com, Le Mans - Johan Zarco, pembalap Yamaha Tech 3, adalah salah satu pembalap yang diuntungkan dari kesialan Valentino Rossi pada MotoGP Prancis 2017. Berkat nasib buruk Rossi, Zarco pun mempersembahkan 20 poin buat pendukungnya.

Zarco sendiri sempat punya peluang besar untuk merebut podium juara MotoGP Prancis di awal-awal balapan. Ia melakukan start yang bagus hingga mampu memimpin balapan. Ketika posisinya direbut Maverick Vinales, pembalap Movistar Yamaha, Zarco juga begitu kuat mempertahankan posisi kedua.

Ia baru kehilangan posisi saat Rossi menyalipnya pada lap ke-22. Rossi sendiri terus merapatkan jarak dengan Vinales hingga menyalipnya pada lap ke-25. Sayang, akibat panik usai kembali disalip Vinales, The Doctor pun terjatuh di lap terakhir.

Terjatuhnya Rossi membuat Zarco tak kesulitan mengamankan podium kedua. Itu jelas menjadi hasil yang bagus mengingat Zarco beraksi di hadapan pendukungnya sendiri. Ternyata, pembalap asal Prancis itu juga sudah menduga kesialan yang menimpa Rossi.

"Pada akhirnya Valentino begitu kuat dan tak ada banyak putaran yang harus dilalui. Saya cukup senang dengan posisi ketiga, tapi ketika ia mulai bertarung dengan Maverick, saya berpikir sesuatu bisa terjadi, sesuatu bisa terjadi di sirkuit yang sempit ini," jelas Zarco, dilansir Crash.

Terlepas dari hal itu, Zarco juga melayangkan pujian kepada Vinales yang tampil sangat cepat sejak awal balapan MotoGP Prancis. Ketenangannya menjadi kunci kesuksesannya menyalip Rossi jelang balapan berakhir. Sukses itu juga menjadi kemenangan ketiga Vinales di musim ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sanjung Vinales

Berkat hasil itu pula ia mampu merebut puncak klasemen MotoGP 2017 dari tangan Rossi. Dengan koleksi 85 poin, pembalap berusia 22 tahun itu unggul 17 poin dari Dani Pedrosa dan 23 poin dari Rossi.

"Maverick melakukan pekerjaan yang bagus. Ia meraih kemenangan dan sangat baik bagi Yamaha. Bagi saya, memimpin balapan menjadi hal yang menyenangkan. Ketika ia menyalip, saya bisa melihat ia begitu cepat, tapi saya bisa tinggal bersamanya," ujar Zarco.

Pembalap Movistar Yamaha dan Tim Yamaha Tech 3, Maverick Vinales dan Johann Zarco saling berjabat tangan di atas podium MotoGP Prancis, Minggu (21/5). Vinales menjuarai MotoGP Prancis disusul Zarco yang menempati posisi kedua. (AP Photo/David Vincent)

"Saya sangat senang karena ada begitu banyak penggemar di sini. Ada energi positif yang saya dapat karena saya belum pernah cepat seperti itu. Saya belajar dan saya menikmati," ia menambahkan.

 

Pos-Rider-Points
1 Maverick Vinales 85
2 Dani Pedrosa 68
3 Valentino Rossi 62
4 Marc Marquez 58
5 Johann Zarco 55
6 Andrea Dovizioso 54
7 Cal Crutchlow 40
8 Jorge Lorenzo 38
9 Jonas Folger 38
10 Jack Miller 29
11 Danilo Petrucci 26
12 Scott Redding 26
13 Loris Baz 19
14 Aleix Espargaro 17
15 Andrea Iannone 15
16 Alvaro Bautista 14
17 Tito Rabat 13
18 Hector Barbera 12
19 Karel Abraham 9
20 Alex Rins 7
21 Pol Espargaro 6
22 Bradley Smith 6
23 Sam Lowes 2
24 Sylvain Guintoli 1

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini