Sukses

Profil Nicky Hayden, Si Bocah Kentucky Penuh Kejutan

Nicky Hayden meninggal dunia usai berjuang melewati masa kritis.

Liputan6.com, Rimini - Mantan juara dunia MotoGP, Nicky Hayden, akhirnya meninggal dunia. Pembalap asal Amerika Serikat itu mengembuskan nafas terakhir usai berjuang melewati masa kritis akibat kecelakaan yang menimpanya.

Pada 17 Mei 2017, Nicky Hayden mengalami kecelakaan di Italia. Ia ditabrak oleh mobil Peugeot saat ia bersepeda bersama dengan 14 orang temannya.

Tubuh pembalap berjulukan Kentuky Kid ini langsung terpental dan jatuh ke bagian kaca depan mobil sehingga kaca bagian depan pecah. Akibat kecelakaan tersebut, Hayden mengalami cedera di bagian dada dan mengalami trauma kepala.

Kala itu, Hayden tengah berada di Italia setelah ia menjalani seri kelima balapan World Superbike (WSBK) di Autodromo Enzo e Dino Ferrari, Imola yang digelar pada 13-14 Mei 2017.

Hayden lahir dengan nama Nicholas Patrick Hayden. Ia memiliki dua saudara laki-laki yang juga berprofesi sebagai pembalap motor, Tomy dan Roger Lee. Selain saudara laki-laki, Nicky Hayden juga memiliki dua saudara perempuan, Jenny dan Kathleen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sang Ayah yang Mengenalkan Dunia Balap

Ayah Nicky, Earl, yang telah mengenalkan dunia balap kepada putra-putranya sejak kecil. Nicky menggunakan nomor 69 dalam kendaraan yang dipakainya berlaga, di mana 69 adalah nomor yang sama yang digunakan oleh ayah Nicky dahulu.

Hayden memulai debutnya di dunia balap pada tahun 1999 di ajang kejuaraan AMA. Pada ajang tersebut dia keluar sebagai juara AMA 600 Supersport dan mendapat penghargaan AMA Rookie of the Year serta AMA Grand National Dirt Track Rookie of the Year. Di tahun 2002, Hayden juga berhasil menjuarai AMA Superbike 2002.

Sejumlah prestasi ia raih hingga akhirnya mampu tampil di kelas MotoGP pada 2003. Nama Hayden mulai dipertimbangkan ketika menjadi juara dunia motoGP musim 2006 dengan mengendarai Honda. Hasil yang mengejutkan, karena Hayden bukan kandidat kuat juara kala itu.

Sayangnya, Nicky Hayden tidak mampu mengulangi prestasi membanggakannya tersebut. Terakhir kali dia membalap terjadi di MotoGP di Spanyol pada September 2016 sebagai pengganti untuk pebalap asal Australia Jack Miller yang cedera di tim satelit Marc VDS Honda.

Ia tampil pada 216 balapan MotoGP antara 2003 dan 2015, dengan catatan tiga kemenangan. Di tahun 2016, dia sesungguhnya memutuskan berkiprah di Superbike World Championship.

Nicky Hayden meninggal dalam usia 35 tahun. saat terakhirnya dia didampingi sang tunangan, Jackie; ibunda, Rose; dan saudaranya Tommy.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini