Sukses

Nicky Hayden Pernah Nyaris Gagal Juara Dunia MotoGP

Nicky Hayden meraih gelar juara dunia MotoGP pada 2006.

Liputan6.com, Cesena Nicky Hayden menjadi juara dunia MotoGP pada 2006 lalu. Itu adalah satu-satunya gelar juara yang dimenangkan pembalap kelahiran Kentucky, Amerika Serikat, tersebut selama hampir 13 tahun berkarier di balapan 'kuda besi'.

Nicky Hayden tercatat melakoni 218 kali balapan selama di MotoGP. Total podium yang diraih mantan pembalap Honda dan Ducati itu adalah 28 kali, posisi pole 5 kali, dan lap tercepat 7 kali.

Masa keemasan Hayden terjadi di MotoGP 2006. Namun, Hayden yang saat itu memperkuat tim Repsol Honda justru nyaris gagal meraih gelar juara dunnia. Penyebabnya adalah rekan setimnya, Dani Pedrosa.

Memasuki MotoGP Portugal atau seri ke-16, Hayden memuncaki klasemen dengan 236 poin. Dia unggul delapan angka dari Valentino Rossi yang ketika itu memperkuat tim Camel Yamaha.

Dalam balapan di Sirkuit Estoril, Portugal, Hayden gagal finis setelah motornya ditabrak Pedrosa pada lap keempat. Insiden tersebut terjadi saat Pedrosa, yang berada di posisi keempat mencoba menyalip Hayden dari sisi dalam. Tapi, motor RC213V yang ditunggangi Pedorsa oleng dan terjatuh hingga akhirnya menabrak motor Hayden.

Di gravel, Hayden terlihat sangat marah dengan kecerobohan Pedrosa itu. Beberapa kali tangannya terlihat memukul-mukul gravel. Tak hanya itu, Hayden juga tampak mengumpat.

Akibat gagal finis, posisi Nicky Hayden di puncak klasemen dikudeta Rossi. Pembalap Italia itu mengantongi 244 poin usai MotoGP Portugal, unggul delapan angka dari Hayden.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nasib Baik

Namun, nasib baik masih berpihak kepada Nicky Hayden. Saat seri pamungkas di Valencia, Spanyol, ia finis di posisi ketiga. Sementara Rossi menyelesaikan balapan di posisi ke-13. Hasil itu membuat Hayden merebut gelar juara dunia MotoGP 2006 dengan 252 poin, ungguli lima angka dari Rossi.

Hayden lantas meninggalkan MotoGP pada 2015 lalu dan berkiprah di Superbike. Kini, perjuangan Hayden di dunia balap berakhir sudah.

Pembalap yang sangat ramah itu menghembuskan napas terakhirnya di usia 35 tahun pada Senin (22/5/2017). Ia sempat hampir lima hari koma di Sakit Bufalini, Cesena, Italia, akibat ditabrak mobil saat tengah bersepeda bersama rekannya di Rimini pada pekan lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.