Sukses

Selangkah Lagi Sriwijaya FC Berlisensi AFC

Tim AFC merilis Sriwijaya FC akan mendapat lisensi klub.

Liputan6.com, Palembang - Sekretaris PT. Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Faisal Mursyid mengatakan rencananya akan ada tim Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) datang ke Palembang untuk melakukan verifikasi home base milik Sriwijaya FC.

"Kemarin lalu kita mengusulkan untuk lisensi klub. Itu sudah terealisasi usulan syarat telah diterima. Hanya saja mereka akan melakukan cek langsung ke Palembang," ucap Faisal Selasa,(23/5/2017).

Menurut pria asal Padang ini, tim AFC melakukan verifikasi secara langsung ke Palembang pada hari Jumat,(26/5). Itu sebagai perwujudan Laskar Wong Kito selangkah lagi akan mendapatkan lisensi AFC.

"Kita sudah dapat konfirmasi Jumat mereka akan datang. Mereka mau melihat lapangan GSJ sebagai homebase dan stadion Bumi sebagai lapangan kedua Sriwijaya FC," ungkapnya.

Sempat diberitakan sebelumnya AFC telah merilis tiga nama tim Arema FC, Persipura dan Persib Bandung telah memiliki lisensi klub AFC. Sedangkan Laskar Wong Kito tengah mengajukan pendaftaran lisensi serupa.

Diakui Faisal ketiga tim itu mendapatkan lisensi klub AFC di tahun 2015. Sedangkan Laskar Wong Kito sendiri sebenarnya sudah mendaftarkan, namun salah satu persyaratan tidak meloloskan Sriwijaya FC terkait regulasi kepelatihan dan terkait pembinaan.

"Tiga klub itu lisensi lama tahun 2015, kita kemarin sudah juga usulkan. Tapi sekarang yang sedikit kurang itu sudah kita perbaikan. Bahkan stadion kita bertaraf Internasional dan kita adalah salah satu klub yang telah berlaga di AFC,"paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Regulasi

Sebelumnya memang di tahun 2015 AFC mendatangi Indonesia untuk melakukan inspeksi terkait lisensi klub. Mereka  mendatangi tiga klub untuk memeriksa apakah pemberian lisensi sesuai regulasi.

Sebelumnya, perwakilan AFC datang ke kantor PSSI pada 24 Februari 2015 lalu.  Mereka melakukan inspeksi lisensi untuk Persipura Jayapura, Arema Malang, dan Persib Bandung.

Perwakilan itu terdiri dari Mahajan Vasudevan Nair (Departemen Legal), Ong Chong Heng (Departemen Finansial), Jose Marcelino Z. Carpio (Departemen Teknikal).  

"Dulu regulasinya sangat banyak sekali sekarang sudah di kurangi. Semoga klub lain juga bisa di lisensi kalau untuk SFC saya rasa tidak ada kendala. Soalnya dulu seharusnya kita sudah terdaftar juga di lisensi klub AFC,"pungkasnya.[Indra Pratesta]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini