Sukses

Resmi Cabut dari Bilbao, Valverde Segera Menuju Barcelona?

Liputan6.com, Bilbao - Spekulasi Ernesto Valverde yang segera meneken kontrak sebagai pelatih anyar Barcelona kini mulai mendekati kenyataan. Buktinya, Athletic Bilbao baru saja mengumumkan kepergian pelatih berusia 53 tahun itu.

Nama Valverde disebut-sebut sebagai calon kuat manajer anyar Barcelona sejak beberapa bulan terakhir. Ia dianggap sebagai sosok yang tepat untuk menggantikan peran Luis Enrique, pelatih yang memutuskan tak memperpanjang kontraknya di Barcelona.

Saat isu tersebut terus berkembang, Bilbao dan Valverde justru resmi berpisah pada Selasa (23/5/2017) malam. Sebuah pernyataan resmi dari Los Leones, julukan Bilbao, menegaskan bahwa Valverde tak akan lagi menjadi pelatih mereka pada musim 2017/2018.

"Ernesto Valverde tak akan bertahan sebagai pelatih tim utama Athletic untuk kampany 2017/2018. Pelatih, didampingi Presiden Josu Urrutia, akan hadir di hadapan media pada Rabu (24/5/2017) pukul 12:00 di ruang media San Mames," berikut petikan pernyataannya.

Jika melihat kualitas Valverde bersama Bilbao, wajar jika Barcelona tertarik kepadanya. Bersama Valverde, Bilbao kerap menjadi penantang di zona kompetisi Eropa La Liga. Bahkan, pada musim 2013/2014 Valverde membawa Bilbao finis di urutan keempat klasemen La Liga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

DNA Barcelona

Sayang, di musim ini Valverde gagal membawa Bilbao mengamankan tiket Liga Europa dari La Liga. Mereka mengakhiri musim dengan duduk di urutan ketujuh. Dari 38 laga, mereka mengoleksi 63 poin hasil dari 19 kemenangan, enam seri, dan 13 kali kalah.

Meski begitu, hal itu tak mengurangi rasa ketertarikan Blaugrana kepada Valverde. Ia disebut sebagai pria yang memiliki DNA Barcelona. Maklum, ia pernah berseragam Barcelona di bawah asuhan Johan Cruyff pada 1988-1990.

Jika benar-benar resmi hijrah ke Camp Nou, target tinggi tentu akan diberikan manajemen kepada Valverde. Maklum, mereka baru saja melewati petualangan yang mengecewakan di musim 2016/2017. Gagal di La Liga dan Liga Champions, kini hanya Copa del Rey yang bisa mereka raih di musim ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.