Sukses

Dua Atlet Kelas Dunia Ramaikan Persaingan Bintan Ironman 70.3

Soal rute dan waktu tempuh, Bintan Ironman 70.3 berbeda dengan edisi sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Ajang triathlon internasional Bintan Ironman 70.3 kembali digelar di Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Perlombaan ini akan berlangsung pada 20 Agustus 2017 mendatang.

Ajang ini merupakan event tahunan dan sudah dua kali hadir digelar. Menggabungkan tiga olahraga yakni renang, bersepeda dan lari, Bintan Ironman 70.3 menduduki ranking ketiga lomba terbaik di dunia setelah Prancis dan Jerman.

Para atlet triathlon atau triathlete akan menempuh jarak 1,9 kilometer untuk berenang, 90 km untuk bersepeda dan 21,1 km untuk berlari. Lintasan renang di lomba ini juga disebut sebagai rute terbaik di Asia.

"Menurut survei, lomba di Bintan menawarkan banyak keunggulan seperti keramahan penduduk, ketersediaan infrastruktur, dan yang paling penting soal aksesibilitas. Bali mungkin jadi opsi tapi kita sama-sama tahu seberapa macetnya lalu lintas di sana," kata Nathalie Marquet, CEO Metasport selaku penyelenggara event, dalam jumpa pers yang digelar di Senayan, Jakarta pada Rabu (24/5/2017).

Nathalie juga mengonfirmasi kedatangan dua atlet dunia yang akan ikut kejuaraan ini. Seperti Guy Crawford dari Selandia Baru serta Kate Bevilaqua asal Australia.

Soal rute dan waktu tempuh, Bintan Ironman 70.3 berbeda dengan edisi sebelumnya. Jika sebelumnya peserta harus berlari sebanyak dua tiga lap, kali ini panpel membuat para atlet harus berlari dua lap dengan melewati danau buatan Lagoi Bay.

"Olahraga ini berkembang dengan pesat di Indonesia. Dan triathlon memberikan wadah untuk aktualisasi diri mulai dari anak-anak, orang dewasa bahkan lansia," tutur Chairman komunitas Triathlon Buddies, Chaidir Akbar.

"Bahkan atlet profesional seperti pembalap AHM (Astra Honda Motor) Dimas Pratama sampai M. Fadli ikut triathlon sebagai sarana latihan endurance (ketahanan tubuh). Tahun lalu, kami kehadiran 20 atlet pro yang ikut Ironman di negara lain," ucapnya.

Perlombaan ini menawarkan hadiah senilai 15 ribu dollar AS untuk para pemenang. Selain itu, juara pertama di ajang Bintan Ironman 70.3 akan mendapat poin dan berhak tampil di Kejuaraan Dunia Ironman 2018 di Capetown, Afrika Selatan.

"Hingga saat ini sudah 800 peserta yang mendaftar. Kami harap lebih dari 1.200 yang berpartisipasi," ujar Nathalie menimpali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.