Sukses

Soal Isu ke Barcelona, Valverde Akui Ada Tawaran Besar

Liputan6.com, Bilbao - Spekulasi merapatnya Ernesto Valverde ke Barcelona kian menguat setelah ia memutuskan mundur dari peran pelatih Athletic Bilbao, Selasa (23/3/2017). Namun, ia baru angkat bicara secara pribadi pada konferensi pers, Rabu (24/5/2017).

Dalam sesi tersebut, Valverde pun langsung dihujani pertanyaan mengenai ketertarikan Barcelona kepadanya. Pelatih berusia 53 tahun itu pun mengakui ada banyak ketertarikan. Namun, ia sama sekali tak menyebut Barcelona sebagai salah satunya.

"Saya tidak dapat memastikannya, saya minta maaf. Ada banyak spekulasi mengenai masa depan saya, tapi saya harus memastikan bahwa saya tidak berkomitmen dengan tim manapun. Saya belum pernah berbicara dengan klub manapun," ujar Valverde, dilansir Soccerway.

"Saya punya agen, ada klub yang tertarik pada saya, tapi ini klub saya, adalah tugas saya untuk lebih dulu mengucapkan selamat tinggal sebelum pergi dan mempertimbangkan hal lain," ia menambahkan.

Sejatinya, wajar jika klub sekaliber Barcelona tertarik untuk meminangnya. Bersama Valverde, Bilbao kerap menjadi penantang di zona kompetisi Eropa La Liga. Bahkan, pada musim 2013/2014 Valverde membawa Bilbao finis di urutan keempat klasemen La Liga.

Sayang, di musim ini Valverde gagal membawa Bilbao mengamankan tiket Liga Europa dari La Liga. Mereka mengakhiri musim dengan duduk di urutan ketujuh. Dari 38 laga, mereka mengoleksi 63 poin hasil dari 19 kemenangan, enam seri, dan 13 kali kalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

DNA Barcelona

Meski begitu, hal itu tak mengurangi rasa ketertarikan Blaugrana kepada Valverde. Ia disebut sebagai pria yang memiliki DNA Barcelona. Maklum, ia pernah berseragam Barcelona di bawah asuhan Johan Cruyff pada 1988-1990.

"Ini bukan kali pertama saya mendapat tawaran dari klub besar, presiden tahu itu. Ketika pertama kali datang ke sini, saya pikir hanya akan bertahan selama dua tahun. Empat tahun kemudian, saya menyadari telah menghabiskan waktu dua kali lipat dari yang saya pikirkan," jelas Valverde.

Valverde dianggap sebagai sosok yang tepat untuk menggantikan Luis Enrique di Barcelona. Nama terakhir yang disebut sudah sejak jauh-jauh hari menyatakan tak akan menjadi pelatih Blaugrana di musim depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini