Sukses

MotoGP: Ban Depan Michelin Bikin Marquez Lebih Pede

Liputan6.com, Barcelona - Marc Marquez, pembalap Repsol Honda, kini memiliki kepercayaan diri tinggi untuk menatap MotoGP Italia 2017 di Sirkuit Mugello. Pasalnya, keputusan Michelin terkait ban depan membuat The Baby Alien merasa lebih baik.

Usai balapan MotoGP Prancis 2017 di Sirkuit Le Mans, beberapa pembalap ikut serta dalam tes yang diadakan terkait perubahan pada Sirkuit Catalunya, Montmelo, Rabu (24/5/2017). Dalam tes tersebut, Marquez tampil sebagai yang tercepat.

Ia mencatatkan waktu terbaik 1 menit 43,803 detik, unggul 0,195 detik atas pembalap Ducati, Jorge Lorenzo. Sementara itu, rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, menempati posisi kelima dengan selisih 0,570 detik.

Bagi Marquez, perubahan yang dilakukan Michelin sangat baik untuk kinerjanya. Mulai dari MotoGP Italia, seluruh pembalap MotoGP akan menggunakan ban depan keras. Tak seperti pada lima seri awal musim ini di mana Michelin menyediakan ban yang lebih lunak.

"Kami memastikan bahwa ini sedikit lebih stabil dan saya menyukainya. Tak ada perbedaan besar. Selanjutnya kami akan menyiapkan motor karena dalam dua pekan kami akan balapan di sini. Kami fokus pada hal itu, mencoba banyak hal di sisi elektronik, di mana kami masih harus lebih konstan," ujar Marquez, dilansir Crash.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lupakan Hasil Buruk

Awal musim MotoGP 2017 sendiri berjalan dengan buruk bagi Marquez. Dari lima balapan, ia harus mengalami kecelakaan dua kali. Setelah MotoGP Argentina, ia juga gagal finis pada MotoGP Prancis usai terjatuh di lap ke-17.

"Anda tak berharap itu. Kami juga tak mengerti, tapi Anda kecelakaan. Pada tes ini, kami banyak memusatkan perhatian pada ban baru untuk mencoba dan memahaminya karena kami akan mendapatkannya di Mugello," tutur Marquez.

Terlepas dari hal itu, catatan buruk pada MotoGP Argentina dan Prancis membuat Marquez tercecer dari jalur juara. Saat ini pembalap berusia 24 tahun itu menempati urutan keempat klasemen pembalap dengan koleksi 58 poin, terpaut 27 angka dari Maverick Vinales.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.