Sukses

5 Alasan Mengapa MU Harus Cerdik di Bursa Transfer Pemain

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) bisa di pastikan akan sangat sibuk dalam bursa transfer musim panas. Maklum, isu mereka bakal melakukan pembenahan besar-besar sudah menyebar sejak tiga bulan belakangan.

Manajemen MU diprediksi akan menggunakan jendela transfer kali ini secara hati-hati dan jitu.  Mereka tentu berharap bisa mendatangkan pemain yang benar-benar dibutuhkan demi memperkuat pasukannya.

Kondisi MU juga cukup menguntungkan. Selain baru memastikan tiket Liga Champions musim depan usai juara di Liga Europa, manajemen Setan Merah kabarnya juga siap menggelontorkan uang transfer yang tidak sedikit.

Cuma finis di urutan keenam Liga Inggris membuat tim asuhan Jose Mourinho ini jelas butuh perbaikan. Nyaris di semua lini, mereka butuh perubahan agar bisa bersaing lagi di musim depan.

Nah, ada lima alasan mengapa pasukan MU harus berlaku cerdik bertransaksi di bursa transfer. Sebab, mereka tentu tak mau membuang uang secarasia-sia. Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Iming-iming Uang Besar

Jumlah murni kekayaan yang berada di belakang Manchester United bisa dibilang sangat banyak. Ed Woodward mengumumkan bahwa klub telah melampaui angka 500 juta poundsterling untuk pendapatan yang dikumpulkan dalam satu musim.

Ini berarti bahwa Manchester United juga kembali ke puncak Deloitte Money League setelah finis ketiga tahun sebelumnya. Dengan begitu banyak uang, dia tidak akan segan menghabiskan kekayaan Glazer untuk datangkan pemain terbaik dunia.

Hal ini telah dibuktikan oleh kedatangan Paul Pogba yang memecahkan rekor £ 89 juta dan sepertinya tidak akan berhenti dalam waktu dekat. Sudah ada hubungan kuat dengan Atlético Madrid soal Antoine Griezmann musim panas ini, pemain yang hanya akan dibeli dengan aktivasi klausul pembelian senilai 86 juta poundsterling.

3 dari 6 halaman

2. Pengalaman Woodward

Ketika Woodward masuk ke klub bersama David Moyes, musim panas pertamanya berantakan. Pria yang kabar Wakil ketua eksekutif itu berjuang untuk mendatangkan pemain yang diinginkan klub dan, pada akhirnya, memulai musim baru bersama Marouane Fellaini sebagai satu-satunya yang didatangkan.

Namun, tiga tahun ke depan, Woodward telah berkembang menjadi peran vital dalam juru transfer MU. Dia menunjukkan bahwa saat ini mampu mendatangkan pemain yang dibutuhkan.

Dari luar, mungkin terlihat mudah untuk masuk dan menandatangani pemain atau manajer mengingat uang yang mereka miliki. Tapi Anda juga harus menjual mimpinya, terutama saat klub tidak berada di Liga Champions dan itulah yang dia lakukan dengan pemain-pemain seperti Pogba dan Ibrahimovic.

4 dari 6 halaman

3. Kekecewaan di Liga Inggris

Setelah melakukan musim di liga yang mengerikan, Manchester United harus memperbaiki posisi musim depan. Jelas, saat ini finis di urutan keenam akan dimaafkan mengingat kesuksesan Mourinho di Eropa.

Akan tetapi mereka harus bangkit kembali dan mengejar rival musim depan di kandang sendir. Chelsea dan Spurs terlihat jauh di atas Setan Merah dalam hal pengembangan tim.

Untuk menutup celah di Premier League, United harus mendatangkan pemain yang bisa mengambil peluang. Makanya mengapa mereka secara rutin dikaitkan dengan Griezmann dan sangat tertarik padanya. Pada banyak kesempatan musim ini, United memiliki cedera yang membuat kehilangan tim terkuat mereka atau tim yang bisa menantang di liga.

5 dari 6 halaman

4. Perombakan Skuat

Seperti yang telah kita lihat di sebagian besar musim ini, melalui cedera dan pemain yang berperforma buruk, Manchester United sangat membutuhkan perombakan skuat. Bukan cuma wajib, tapi harus buat MU.

Pemain seperti Chris Smalling, Luke Shaw dan Wayne Rooney dikabarkan akan pergi, sementara kontrak Zlatan Ibrahimovic dan Michael Carrick mungkin tidak akan diperbarui dan Real Madrid mungkin akan menggantikan David De Gea. Sebenarnya, Mourinho perlu merekrut bek kanan, bek tengah, pengganti Carrick, pemain sayap dan pemain depan.

Entah mereka membawa semua pemain atau tidak, itu adalah cerita yang berbeda. Tapi jelas, MU butuh perombakan mendalam dalam timnya.

Untuk posisi bek kanan, Manchester United tidak butuh pemain anyar. Sebab, mereka sudah memiliki Antonio Valencia yang menakjubkan. Namun, mereka memang butuh bek cadangan yang nyaman di sana. Timothy Fosu-Mensah mungkin bisa jadi ban serep di posisi itu, tapi, biasanya, dia adalah seorang gelandang.

6 dari 6 halaman

5. Partisipasi Liga Champions

Setelah lolos ke kompetisi bergengsi Eropa dengan memenangi Liga Europa, kini mereka memiliki daya tarik tersendiri dari Liga Champions. Mereka kinimulai menarik perhatian para pemain terbaik dunia.

Baru minggu lalu, Griezmann mengatakan di TV Prancis bahwa dia berada di posisi 6/10 sehubungan dengan peluangnya untuk bergabung dengan Manchester United musim panas ini. Itu sebelum final dan sepertinya 4/10 akan tergantung pada kualifikasi untuk Liga Champions.

Tidak semua pemain perlu bermain di Liga Champions, tapi memang bisa membantu. Dalam kasus seperti Griezmann, itu bisa membuat perbedaan. Sebagian besar klub paling mapan di Eropa menginginkan jasa pemain asal Prancis itu, tapi United terlihat dan tampil dalam posisi terdepan.

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United