Sukses

5 Kiper Terbaik Liga Inggris Musim 2016-17

Liputan6.com, London - Liga Inggris musim 2016-17 telah berakhir pada pekan lalu. Chelsea tampil sebagai juara dengan mengantongi 93 poin dari 38 pertandingan.

Namun, sukses Chelsea di Liga Inggris musim ini juga tidak lepas dari andil Thibaut Courtois. Kiper 25 tahun itu mencatat 16 clean sheets atau tidak kebobolan dalam 16 pertandingan.

Peran kiper memang berbeda dengan striker. Seorang striker, jika gagal memanfaatkan peluang demi peluang, tetapi mencetak gol di menit akhir, kesalahannya bisa maafkan dan dilupakan.

Sementara seorang kiper, sebanyak apapun penyelamatan yang mereka buat, jika satu saja berbuat kesalahan, maka dia akan menjadi orang yang paling bertanggung jawab.

Musim ini, ada lima kiper terbaik di Liga Inggris. Berikut kelima kiper tersebut seperti dilansir Sokka:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Petr Cech

Petr Cech mencetak sejumlah rekor sebagai kiper. Dia memenangkan Golden Glove (penghargaan untuk kiper di Liga Inggris dengan catatan tidak pernah kebobolan) sebanyak empat kali.

Cech menjadi satu-satunya kiper yang memenangkan penghargaan itu dengan dua klub berbeda, yakni Chelsea dan Arsenal. Eks kiper Timnas Republik Ceko itu bergabung dengan Arsenal pada musim panas 2015 dengan kontrak empat tahun.

Meski musim ini Arsenal tidak dalam performa terbaik, Cech tetap masuk dalam posisi lima besar kiper terbaik di Liga Inggris.

3 dari 6 halaman

4. Fraser Forster

Fraser Forster bergabung dengan Southampton pada musim panas 2014. Forster baru menjari kiper utama setelah Kelvin Davis pensiun pada 2016 lalu.

Meski sempat dibekap cedera pada awal musim ini, Forster tampil bagus bersama Southampton. Kiper 29 tahun itu membawa Southampton finis di peringkat delapan Liga Inggris musim ini.

4 dari 6 halaman

3. David De Gea

David De Gea telah dipuji sebagai salah satu kiper terbaik di dunia. Pada April 2016, ia memimpin persaingan untuk Golden Glove dengan catatan tidak kebobolan di 14 pertandingan.

Musim ini tak mudah bagi De Gea mengawal gawang Manchester United (MU). Di bawah manajer anyar MU, Jose Mourinho, kiper Timnas Spanyol itu sekali lagi terpilih sebagai kiper Tim PFA of the Year untuk kali keempat.

5 dari 6 halaman

2. Hugo Lloris

Hugo Lloris digambarkan sebagai kiper dengan refleks bagus dan pengambilan keputusan yang baik. Ia merupakan kiper yang tangguh dalam situasi satu lawan satu.

Lloris membuat serangkaian penyelamatan yang bagus musim ini. Ia tidak kebobolan dalam 15 pertandingan. Pada Desember 2016, Lloris menandatangani perpanjangan kontrak untuk tetap berada di Tottenham Hotspur sampai 2022.

6 dari 6 halaman

1. Thibaut Courtois

Thibaut Courtois bergabung dengan Chelsea pada 2011 lalu. Tapi, kiper Timnas Belgia itu kemudian dipinjamkan ke Atletico Madrid. Pada 18 Agustus 2014, manajer Chelsea saat itu, Jose Mourinho, mengumumkan Courtois akan memulai debutnya di Liga Inggris.

Pada musim 2016-17, Chelsea memenangkan seluruh pertandingan Liga Inggris di bulan Oktober, November, dan Desember. Hasil itu sangat istimewa karena Courtois menjaga gawangnya tidak kebobolan di setiap pertandingan, yakni 16 laga. Chelsea pun sukse meraih gelar juara Liga Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Thibaut Nicolas Marc Courtois  adalah pemain sepak bola profesional Belgia yang bermain sebagai kiper di klub Chelsea.
    Thibaut Nicolas Marc Courtois adalah pemain sepak bola profesional Belgia yang bermain sebagai kiper di klub Chelsea.

    Thibaut Courtois

  • Hugo Lloris adalah pemain sepak bola Profesional asal Perancis yang sekarang membela Tottenham Hotspur
    Hugo Lloris adalah pemain sepak bola Profesional asal Perancis yang sekarang membela Tottenham Hotspur

    Hugo Lloris

  • David De Gea adalah kiper sepak bola profesional yang berasal dari Spanyol.
    David De Gea adalah kiper sepak bola profesional yang berasal dari Spanyol.

    David De Gea

  • Petr Cech adalah pemain sepak bola Profesional asal Republik Ceko yang sekarang membela Arsenal
    Petr Cech adalah pemain sepak bola Profesional asal Republik Ceko yang sekarang membela Arsenal

    Petr Cech

  • Fraser Forster adalah pesepak bola profesional Inggris yang bermain di klub Southampton sebagai penjaga gawang.
    Fraser Forster adalah pesepak bola profesional Inggris yang bermain di klub Southampton sebagai penjaga gawang.

    Fraser Forster

Video Terkini