Sukses

Kenang Nicky Hayden, Puluhan Pembalap AS Bersepeda 69 Mil

Liputan6.com, Charlotte - Lebih dari 60 orang termasuk beberapa pembalap Monster Energy NASCAR Cup Series ambil bagian untuk bersepeda sejauh 69 mil di luar Charlotte, Amerika Serikat (AS), Jumat (26/5/2017). Acara ini untuk menghormati mendiang Nicky Hayden yang meninggal dunia pada 22 Mei 2017.

Jimmie Johnson yang dikenal sebagai juara tujuh kali di Monster Energy NASCAR Cup Series mengungkapkan ide bersepeda 69 mil ini untuk menghormati Nicky Hayden. Angka 69 sangat identik dengan pembalap yang dikenal dengan julukan The Kentucky Kid.

Johnson menambahkan, ide ini muncul ketika ia berbicara dengan Josh Strang. "Josh adalah seseorang yang suka melakukan hal-hal dalam skala kecil dan saya agak sebaliknya," tutur Johnson.

"Dia memikirkan tiga atau empat orang untuk mengendarai sepeda sejauh 69 mil dan tidak ada yang tahu tentang hal itu dan itu akan menjadi sesuatu yang keren yang kita lakukan," ungkap Johnson, seperti dikutip Motorsport, Sabtu (27/5/2017).

Johnson tentunya tak pernah menyangka idenya dengan Strang bisa mengumpulkan banyak orang demi mengenang Nicky Hayden. Dia mengibaratkan seperti efek bola salju, karena mendapatkan banyak dukungan dari pembalap Nascar.

"Itu hanya membalikkan sesuatu dalam pikiran saya dan saat itu saya berkata 'Mari kita bersepeda sejauh 69 mil dan memberitahu beberapa orang tentang itu' Dengan cara itu kita bisa menyebarkan cinta tentang teman kita Nicky dan mudah-mudahan meningkatkan kesadaran tentang bersepeda. Itu seperti efek bola salju dan kami mendapat banyak dukungan dari garasi Nascar," tambahnya.

"Ini layak karena Nicky adalah seseorang yang mewakili negara kami (AS) di luar negeri dalam dunia balap. Kebanyakan dari kami menonton di TV, mendengarkan dan mencari bendera Amerika untuk melihat bagaimana keadaannya. Kami tidak memiliki banyak balapan (orang Amerika) dalam bentuk sportivitas lain di luar sana dan di MotoGP, Colin Edwards dan Nicky Hayden - mereka adalah orang-orang kami," terang Johnson yang menyelesaikan bersepeda sejauh 69,6 mil dalam waktu tiga jam, 38 menit dan 29 detik. (David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini