Sukses

Hegemoni Messi atas Ronaldo Musim Ini

Messi mengoleksi 37 gol di La Liga, 11 gol di Liga Champions, dan lima gol di Copa del Rey.

Liputan6.com, Barcelona - Tambahan satu gol pada final Copa del Rey melawan Alaves, mengukuhkan posisi penyerang Barcelona, Lionel Messi, sebagai pemain tersubur di Eropa. Dia unggul atas rival terbesar Cristiano Ronaldo.

Bermain di Estadio Vicente Calderon, Sabtu (28/5/2017), Messi tampil gemilang. Seperti dilansir Whoscored, kapten Timnas Argentina itu mampu melepaskan empat tembakan yang dua mengarah ke gawang, serta akurasi umpan mencapai 84 persen.

Golnya ke gawang Alaves tercipta pada menit ke-30. Bola hasil sepakan melengkung Messi yang memanfaatkan umpan dari Neymar gagal dihalau kiper Alaves, Fernando Pacheco.

Selain La Pulga, dua gol lainnya disarangkan Neymar pada menit ke-45 dan Paco Alcacer menit ke-45+2. Sementara itu, angka Alaves tercipta atas nama Theo Hernandez pada menit ke-33.

Hasil tersebut membuat Barcelona berhak atas trofi Copa del Rey musim ini. Los Cules pun semakin mengukuhkan diri sebagai klub paling sukses di ajang ini dengan koleksi 29 gelar juara.

Tak hanya membawa skuat El Azulgrana menyudahi musim 2016/2017 dengan satu gelar, Lionel Messi juga menyandang status sebagai pemain paling subur di Eropa pada musim ini.

Dia berada di puncak top scorer lima liga top Eropa, Liga Champions, dan Copa del Rey. Messi mengoleksi 37 gol di La Liga, 11 gol di Liga Champions, dan lima gol di Copa del Rey.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ungguli Rival

Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan koleksi gol Cristiano Ronaldo di La Liga dengan 25 gol, Harry Kane di Premier League (29 gol), Pierre-Emerick Aubameyang di Bundesliga Jerman (31 gol), Edin Dzeko di Serie A (28 gol), dan Edinson Cavani di Ligue 1 Prancis (35 gol).

Berkat pencapaian tersebut, Lionel Messi berhak atas sepatu emas Eropa musim ini. Bagi La Pulga, ini adalah untuk keempat kalinya meraih penghargaan tersebut, setelah sebelumnya didapat pada musim 2009/2010, 2011/2012, dan 2012/2013.

"Messi adalah mahluk luar angkasa. Dia selalu superior dalam setiap aksi permainan. Dia adalah nomor satu, tak perlu diragukan lagi," puji pelatih Barcelona, Luis Enrique.

Akan tetapi, jumlah gol Lionel Messi di Liga Champions masih bisa disalip oleh Cristiano Ronaldo. Sebab, Ronaldo yang mendulang 10 gol masih akan tampil bersama Real Madrid pada final Liga Champions kontra Juventus di Millennium Stadium, Cardiff, 3 Juni 2017. (Artikel asli ditulis Rizki Hidayat/diedit Rizki Hidayat/Bola.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.