Sukses

Tak Mungkin Membandingkan Rossi dan Lorenzo

Rossi dan Lorenzo, kata Agostini, memiliki karakter yang sangat berbeda.

Liputan6.com, Mugello - Giacomo Agostini menyebut Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo adalah dua sosok yang berbeda. Karena itu, mantan juara dunia 15 kali MotoGP ini menyebut tidak tepat membandingkan keduanya.

"Rossi dan Lorenzo memiliki gaya membalapnya sendiri-sendiri. Perbedaan membalap keduanya sangat mencolok dalam beberapa tahun terakhir," ujar Agostini. Persamaannya, keduanya pernah sama-sama membela Yamaha dan Ducati.

Rossi saat ini masih tercatat sebagai pembalap andalan Yamaha bersama Maverick Vinales. Sementara, Lorenzo tercatat sebagai pembalap Ducati.

Di luar itu, memang sulit membandingkan antara motor produsen Jepang dengan Italia. Apalagi kedua pembalap jauh lebih lama merasakan kemampuan YZR-M1 ketimbang Desmocedici GP.

Persoalan yang sangat kompleks adalah gaya balap Rossi dan Lorenzo sepertinya tidak cocok dengan karakteristik motor Ducati. Akibatnya, proses adaptasi yang mereka lakukan terkesan lamban.

Oleh karena itu, menurut Agostini, setiap perbandingan yang muncul itu hanya sangat menyesatkan. Menurutnya, itu karena ada perbedaan yang terjadi antara tahun ini dan sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyesatkan

Disinggung apakah Lorenzo akan jauh lebih berhasil dari Rossi di Ducati, Agostini menjawab siapa tahu. Meskipun fakta menyatakan bahwa sejauh ini The Doctor masih memiliki rapor bagus dengan belum pernah terjatuh di lima balapan bersama Pabrikan Italia, sedangkan juara dunia MotoGP tiga kali itu sekali gagal menyentuh garis finis di Prancis.

"Namun kalian harus berhati-hati. Perbandingan ini menyesatkan, karena saat ini Ducati lebih kompetitif dibandingkan sebelumnya," tutur Agostini seperti dikutip dari Speedweek, Senin (29/5/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.