Sukses

Legenda Balap Bicara soal Rossi dan Vinales

Jumlah kemenangan yang ditorehkan Rossi nyaris menyamai koleksi Agostini.

Liputan6.com, Mugello - Bagi penggemar MotoGP dan balap motor secara umum, nama Giacomo Agostini jelas tak asing lagi. Dia adalah legenda balap motor terbaik sepanjang masa dengan mengumpulkan 15 gelar juara dunia dari total jumlah 122 kemenangan.

Sepanjang sejarah, hanya ada satu pembalap yang mampu menandingi Agostini: Valentino Rossi. Sejauh ini The Doctor telah mengumpulkan 224 podium dari 353 balapan sejak memulai balapan grand prix pada 1996.

Secara keseluruhan Rossi mengoleksi 114 kemenangan. Kemenangan terakhir Rossi terjadi di MotoGP Catalunya pada 5 Juni 2016.

Rossi sebenarnya punya beberapa kali kesempatan untuk mencetak kemenangan. Namun, setelah lima balapan MotoGP yang telah dijalaninya musim ini, ia belum mampu berdiri gagah di podium pertama.

Meskipun usia Rossi sudah tak muda lagi, ia sempat mendapatkan label sebagai pemimpin klasemen MotoGP setelah empat balapan dimulai. Agostini mengaku terkejut dengan capaian luar biasa pemilik nomor 46.

Sayangnya, pada balapan seri kelima di Sirkuit Jerez, Rossi gagal menyentuh garis finis setelah terjatuh di lap terakhir. Maverick Vinales lantas mengudeta posisinya di puncak klasemen sementara.

Agostini pun berkomentar soal kegagalan Rossi ini. "Jujur, saya tidak berharap, meskipun saya tahu bahwa dia adalah pembalap hebat," ujar Agostini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soal Vinales

Lalu, apa komentar Agostini soal Vinales yang juga merupakan rekan setim Rossi di Yamaha? Menurutnya, jika Vinales mampu menjaga emosinya dengan sangat baik, ia akan menjadi pembalap yang sulit dikalahkan.

"Sejak awal memang saya mengharapkan penampilannya bersama Yamaha. Sekarang tergantung pada bagaimana Maverick mengelola emosinya ketika ia berburu juara dunia MotoGP," ungkap Agostini.* (David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.