Sukses

MotoGP: 3 Legenda Balap Motor Bicara Rekor 500 Kemenangan Yamaha

Yamaha jadi pabrikan terbanyak yang menang di ajang balap motor, salah satunya MotoGP.

Liputan6.com, Tokyo - Maverick Vinales sukses menggenapi kemenangan tim Yamaha ke-500. Keberhasilan itu dicetak pembalap berjulukan Top Gun saat memenangkan balapan di Sirkuit Le Mans, MotoGP Prancis, akhir pekan kemarin.

Berdasarkan statistik yang dirilis FIM. Kemenangan terbanyak tim Yamaha terletak di kelas 250cc yakni 165 kemenangan. Sementara di kelas 125cc (47 kemenangan), 350cc (63 menang), 500cc (120 menang), dan kelas MotoGP (105 menang).

Ada beberapa mantan pembalap yang mengapresiasi keberhasilan Vinales yang mampu menggenapi torehan kemenangan Yamaha. Mereka tidak terkejut dengan torehan yang dicapai Yamaha, termasuk di MotoGP.

Mereka juga turut andil dalam rekor yang diciptakan Yamaha di ajang balap motor. Berikut komentar legenda tim Pabrikan Jepang seperti dikutip dari MCN, Minggu (28/5/2017).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Phil Baca

Phil Baca (39 menang)

"Undangan pertama saya oleh Yamaha ke Jepang sangat seru dan sungguh menakjubkan bagi saya untuk balapan di GP Suzuka yang pertama. Ketika saya kembali ke markas Yamaha di Hamamatsu setelah acara ini, saya kemudian diajak naik motor pabrik mereka di musim 1964, namun hanya lima GP yang akan didukung pabrik.

"Tahun-tahun awal tidak mudah dan saya merasa bahwa dengan lebih banyak dukungan, saya akan memiliki lebih banyak untuk diberikan kepada Yamaha, tapi saya sangat senang telah berkontribusi dalam meraih kemenangan GP 500 Yamaha berkat kemenangan saya di kelas 125 dan 250 kelas."

"Tim Yamaha GP menjadi "Tim Bahagia" di tahun-tahun berikutnya, apalagi sekarang, karena Yamaha Motor Racing telah menjadi tim yang sangat terorganisir di bawah pengelolaan Lin Jarvis."

3 dari 4 halaman

Wayne Rainey

Wayne Rainey (24 menang)

"Yang menarik dari waktuku bersama Yamaha jelas merupakan tiga Kejuaraan Dunia yang saya lalui. Saya berlari enam tahun Grand Prix bersama mereka dan saya berada di podium 64 kali di lebih dari 80 balapan, sehingga kami memiliki banyak kesuksesan bersama."

"Saya memenangkan 24 balapan dengan Yamaha dan saya dapat mengatakan bahwa setiap kali saya berlari bersama mereka, mereka semua masuk. Kami meremas semua performa dari motor, keluar dari diri saya dan keluar dari tim. Yamaha sama komitmennya dengan proyek itu. Kami tidak bisa menyelesaikan semua yang kita lakukan tanpa satu sama lain. Kami adalah tim yang hebat."

"Yamaha sudah sangat mudah bagi saya karena mereka adalah perusahaan hebat dan saya selalu merasa diterima di sana. Ketika saya melihat 500 kemenangan Yamaha, saya tahu apa yang saya andalkan dan sangat menakjubkan untuk berpikir bahwa Yamaha telah berada di sana untuk semua 500 di antaranya. Ini sangat spesial bagi saya untuk menjadi bagian dari itu, karena komitmen mereka adalah untuk menang dan memberi diri saya dan semua pembalap lain ini kesempatan untuk menang.

Menjadi pemenang Grand Prix adalah yang terbaik bagi pembalap jalanan dan memiliki 500 di antaranya menakjubkan. Saya sangat tersanjung menjadi bagian dari itu."

4 dari 4 halaman

Kenny Roberts Senior

Kenny Roberts Senior (24 menang)

"Pada tahun 1978 ketika saya tidak naik ke pabrik, saya memenangkan Kejuaraan Dunia dan kemudian pabrikan Jepang tersebut berkata: 'Tidak, dia menunggangi saya!' Jadi saya pergi ke Jepang pada bulan Februari, tapi tidak segera menandatangani kontrak. Saya keluar dan diuji, mematahkan punggung saya, memecahkan limpa saya, mematahkan tulang selangka kiri saya dan mereka tidak tahu kapan saya akan hidup atau balapan lagi."

Saya berbaring di rumah sakit selama tiga minggu dengan tabung di mana-mana dan saya pikir mereka tidak akan menandatangani kontrak dengan saya, tapi Pak Hada, yang merupakan kepala semua balap dan legendaris saat itu, menjenguk saya di rumah sakit suatu hari dan berkata 'Ayo, Nak, kita punya kontrak untuk ditandatangani!'. Itu Yamaha, ini keluarga besar
Jepang."

"Etika kerja karyawan Yamaha, yang saya perhatikan sebagai orang Amerika, sangat mengagumkan. Yamaha adalah perusahaan berpikir paling barat dalam bisnis sepeda motor dan karena itulah mereka adalah perusahaan sepeda motor yang paling banyak
menang dalam bisnis sepeda motor. Saya akan selalu menganggap diri saya bagian dari keluarga Yamaha, itu adalah salah satu saat terbaik dalam hidup saya dan saya masih menikmatinya. Saya sangat berterima kasih untuk disebutkan dengan bintang saat ini dan semua orang di hadapan saya. Mereka semua adalah pembalap hebat, ini adalah kehormatan besar bagi saya, saya tidak bisa berterima kasih pada Yamaha."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.